Ariani, Ariani (2020) Pengaruh pendekatan saintifik dalam pembelajaran PAI terhadap keaktifan peserta didik kelas IV-VI di SD Negeri 10 Tempilang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
11) BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (205kB)
12) BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (246kB)
13) BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (715kB)
14) BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (366kB)
15) BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (80kB)
16) DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (169kB)
Abstract
Spesifikasi pembahasan dalam penelitian yaitu terkait dengan pengaruh pendekatan saintifik dalam pembelajaran PAI terhadap keaktifan peserta didik kelas IV-VI di SD Negeri 10 Tempilang. Adapun tujuan dari penelitian ini, yaitu: Untuk mengetahui pendekatan saintifik dalam pembelajaran PAI dan keaktifan peserta didik kelas IV-VI di SD Negeri 10 Tempilang, serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pendekatan saintifik dalam pembelajaran PAI terhadap keaktifan peserta didik kelas IV-VI di SD Negeri 10 Tempilang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yaitu suatu proses menemukan pengetahuan yang menggunakan data yang berupa angka sebagai alat menemukan keterangan mengenai apa yang kita ketahui. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu angket/kuesioner. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV-VI. Berjumlah 111 peserta didik dari 5 kelas. Adapun penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah stratified random sampling, yaitu teknik sampling berstarta yang digunakan berdasarkan tingkatan tertentu dengan memperhatikan strata yang ada dalam populasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan saintifik mempunyai pengaruh yang cukup baik terhadap keaktifan peserta didik kelas IV-VI di SD Negeri 10 Tempilang. Dari hasil analisis diperoleh nilai thitung = 3.287, Diperoleh Ttabel = 1,675 pada taraf signifikansi 0,05 yang berarti > 1,675, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil korelasi antara variabel bahwa Ha diterima dan Ho ditolak berjumlah 0,422. Hasil analisis regresi sederhana diperoleh Ŷ = 90.877 + 0,564X. Diketahui bahwa pengaruh pendekatan saintifik dalam pembelajaran PAI terhadap keaktifan peserta didik kelas IV-VI di SD Negeri 10 Tempilang memberi pengaruh hanya sebesar 17,8%. Sedangkan 82,2% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dijadikan variabel dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | pendekatan saintifik; keaktifan peserta didik |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Randa Wicaksono |
Date Deposited: | 22 May 2023 07:38 |
Last Modified: | 22 May 2023 07:38 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/500 |