Robiansyah, Rizki (2023) Kegiatan parenting dalam pengembangan nilai agama dan moral anak usia 5-6 tahun di TK Nurul Islam Desa Paya Benua Kecamatan Mendo Barat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1812072.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1812072.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (465kB) | Request a copy
BAB II_1812072.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (390kB) | Request a copy
BAB III_1812072.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (340kB) | Request a copy
BAB IV_1812072.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (623kB) | Request a copy
BAB V_1812072.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (115kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1812072.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (147kB) | Request a copy
Abstract
Kegiatan parenting dalam pengembangan nilai agama dan moral dengan memperhatikan kerjasama orangtua dan guru dalam mendidik anak di rumah maupun di sekolah. Guru mendidik perilaku anak dengan nilai agama supaya saling menghormati agama orang lain, misalnya; tidak menghina agama orang lain. Guru mendidik perilaku anak dengan nilai moral supaya berprilaku sopan, menghormati orangtua, guru, dan orang lain. Dengan hal ini, peneliti mengetahui tentang Kegiatan Parenting dalam Pengembangan Nilai Agama Dan Moral Anak Usia 5-6 Tahun di TK Nurul Islam Desa Paya Benua.
Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif. Metode penelitian kualitatif ini sering disebut metode penelitian naturalistik karena penelitianya dilakukan pada kondisi yang alamiah (natural setting). Tujuan peneliti adalah sebagai instrumen kunci teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data yang digunakan penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti kepada guru kelas B di TK Nurul Islam Desa Paya Benua, maka dapat peneliti simpulkan bahwa guru dan orangtua saling kerja sama dalam mendidik meskipun berbeda tempat namun saling memberikan pelajaran untuk anak. Orangtua mendidik anak dirumah sedangkan guru mendidik anak disekolah dengan tujuan mendidik anak untuk menciptakan generasi anak bangsa di masa depan. Guru dan orangtua mendidik anak dengan nilai agama dan moral untuk mengembangkan kemampuan belajar mengenal huruf dan angka hijaiyah, berdo’a surah panjang dan pendek, shalawat, sholat, mengenal ada 10 wajib malaikat serta tugasNya, mendengarkan cerita 25 nabi dan rasul, menyebut nama Allah SWT dan ciptaaNYA, serta mendidik anak untuk bersedekah, berinfaq, dan menghargai agama orang lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | kegiatan parenting, nilai agama dan moral. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Rizki Robiansyah Rizki |
Date Deposited: | 22 May 2023 06:38 |
Last Modified: | 22 May 2023 06:38 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/497 |