Haya, Fadia (2023) Peran pendidik dalam penguatan karakter disiplin santri kelas IX di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Sungailiat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung.
Halaman Awal_1811065.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (994kB)
BAB I_1811065.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (186kB) | Request a copy
BAB II_1811065.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (313kB) | Request a copy
BAB III_1811065.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (179kB) | Request a copy
BAB IV_1811065.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (255kB) | Request a copy
BAB V_1811065.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (40kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_1811065.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (91kB) | Request a copy
Abstract
Fokus penelitian ini berkenaan dengan peran guru dalam penguatan karakter disiplin santri kelas XI di pondok pesantren Bahrul Ulum. Permasalahan dalam penilitian ini adalah mengenai karakter disiplin peserta didik yang kurang maksimal. Dalam penelitian ini terdapat asumsi yang mendasar yang dijadikan sebagai rumusan masalah penelitian. Pertama, bagaimana peran guru dalam penguatan karakter disiplin santri kelas XI di pondok pesantren Bahrul Ulum Sungailiat; kedua, apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penguatan karakter disiplin santri kelas XI di pondok pesantren Bahrul Ulum Sungailiat. Dengan menggunakan teori guru dan karakter disiplin.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif bersifat fenomenologi. Objek pada penelitian ini, di pondok pesantren Bahrul Ulum Sungailiat dan subjek penelitian guru, kepala sekolah dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang di gunakan adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dalam penguatan karakter disiplin santri dengan berdasarkan peran guru sebagai pendidik, guru sebagai pengajar, guru sebagai pembimbing, guru sebagai penasehat, guru sebagai model dan teladan dan guru sebagai motivator. Adapun metode yang digunakan dalam penguatan karakter disiplin ialah metode pembiasaan, metode diskusi dan metode keteladanan dan guru juga ikut berperan dalam penguatan karakter disiplin peserta didik. Hasil penelitian mengenai faktor pendukung dalam penguatan karakter disiplin santri kelas XI di pondok pesantren Bahrul Ulum Sungailiat yaitu: peserta didik itu sendiri, adanya kerja sama seluruh pihak, baik sekolah, pondok, peserta didik, orang tua, ustaz ustazah, peserta didik yang tinggal di lingkungan pondok sedangkan faktor penghambat dalam penguatan karakter disiplin yaitu adanya pengaruh peserta didik yang kurang disiplin, kurangnya keterbukaan peserta didik terhadap guru, kurangnya kesadaran peserta didik, menganggap disiplin belum terlalu penting dan peserta didik terlalu meremehkan disiplin.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | peran; pendidik; karakter |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 370.7 Pendidikan Ilmu Kependidikan, Riset Penelitian Ilmu Pendidikan, Riset Penelitian Pendidikan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar, Ahli Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Fadia Haya |
Date Deposited: | 22 May 2023 01:43 |
Last Modified: | 22 May 2023 01:43 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/476 |