Lusiana, Okta (2025) Implementasi budaya sekolah dalam mengembangkan karakter Islami peserta didik di SD Negeri 1 Simpang Renggiang Belitung Timur. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_238101042.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB 1_238101042I.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (316kB) | Request a copy
BAB II_238101042.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (484kB) | Request a copy
BAB III_238101042.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (325kB) | Request a copy
BAB IV_238101042.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (601kB) | Request a copy
BAB V_238101042.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (96kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_238101042.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (323kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyak kasus moral terjadi di lingkungan sekolah seperti bullying, mengejek dengan nama orang tua, berkata kasar dan sudah mulai membentuk kelompok atau geng pada anak kelas tinggi di SD Negeri 1 Simpang Renggiang. Padahal pendidikan yang baik tidak hanya membangun kecerdasan intelektual saja, tetapi juga harus membangun kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual, hal ini dapat dilakukan dengan menanamkan pendidikan karakter pada peserta didik dapat dilakukan melalui budaya sekolah. Dalam implementasi budaya sekolah di SD Negeri 1 Simpang Renggiang yang berbasis pada nilai-nilai keagamaan dilakukan setiap hari supaya menjadi kebiasaan untuk mengembangkan karakter Islami peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) bagaimana kegiatan budaya sekolah dalam mengembangkan karakter Islami di SD Negeri 1 Simpang Renggiang ?, 2) bagaimana implementasi budaya sekolah dalam mengembangkan karakter islami peserta didik dan, 3) faktor apa yang mempengaruhi perkembangan karakter Islami peserta didik di SD Negeri 1 Simpang Renggiang.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sumber data penelitian terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder.Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul kemudian di analisis dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan kegiatan budaya sekolah dalam mengembangkan karakter Islami peserta didik dilakukan melalui sholat Dhuha, mengucap salam, asmaul husna, berdoa, menghafal surah pendek, memperingati hari besar keagamaan, pagi ceria, gotong royong, infak jum’at, pengadaan kantin kejujuran, pemberian kesempatan yang sama untuk belajar, dan upacara bendera. Budaya sekolah ini diimplementasikan melalui pembiasaan nilai-nilai Islami dan keteladanan dari guru di SD Negeri 1 Simpang Renggiang guna mengembangkan karakter islami peserta didik. Adapun faktor yang mempengaruhi implementasi budaya sekolah dalam mengembangkan karakter Islami peserta didik di SD Negeri 1 Simpang Renggiang terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal.
ENGLISH:
This research is motivated by the many moral cases that occur in school environments, such as bullying, mocking parents' names, swearing, and starting to form groups or gangs among upper-grade students at SD Negeri 1 Simpang Renggiang. Good education not only builds intellectual intelligence, but also emotional and spiritual intelligence. This can be done by instilling character education in students through school culture. The implementation of school culture at SD Negeri 1 Simpang Renggiang, which is based on religious values, is carried out every day so that it becomes a habit to develop the Islamic character of students. This study aims to determine: 1) how school culture activities develop Islamic character at SD Negeri 1 Simpang Renggiang? 2) how is the implementation of school culture in developing the Islamic character of students, and 3) what factors influence the development of Islamic character of students at SD Negeri 1 Simpang Renggiang.
This study employed a qualitative approach. The data sources consisted of primary and secondary data sources. The data collection techniques used included observation, interviews, and documentation. The collected data was then analyzed through data collection, data reduction, data presentation, and conclusions.
The results of the study show that school cultural activities in developing the Islamic character of students are carried out through dhuha prayer, saying greetings, Asmaul Husana, praying, memorizing short surahs, commemorating religious holidays, cheerful mornings, mutual cooperation, Friday alms, providing an honesty canteen, providing equal opportunities for learning, and flag ceremonies. This school culture is implemented through the habituation of Islamic values and exemplary behavior from teachers at SD Negeri 1 Simpang Renggiang in order to develop the Islamic character of students. The factors that influence the implementation of school culture in developing the Islamic character of students at SD Negeri 1 Simpang Renggiang consist of internal factors and external factors.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Keywords: | implementasi; budaya sekolah; karakter islami |
| Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam > 297.5 Etika Islam; Praktik Keagamaan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.0 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
| Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Okta Lusiana |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 07:38 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 07:38 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/4256 |
