Musdalifah, Musdalifah (2021) Implementasi model pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL _1411022.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (9MB)
BAB I_1411022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (77kB)
BAB II_1411022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (95kB)
BAB III_1411022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (125kB)
BAB IV_1411022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (78kB)
BAB V_1411022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (30kB)
DAFTAR PUSTAKA_1411022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
INDONESIA:
Pelajaran Agama Islam di sekolah-sekolah umum dan madrasah sudah ada sejak berdirinya lembaga-lembaga pendidikan di Indonesia. Berbagai metode yang sering digunakan pada tiap pembelajaran seperti metode ceramah, diskusi, tanya jawab, demonstrasi dan lain-lain, akan tetapi tujuan pendidikan yang diinginkan belum tercapai secara maksimal. Siswa-siswi kurang berminat pada pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAD-Padahal mata pelajaran agama menjadi salah satu mata pelajaran wajib tiap jenjang pendidikan. Untuk mengubah keadaan tersebut perlu perencanaan yang matang dalam menentukan model pembelajaran yang tepat. Salah satu model pembelajaran yang dapat membangkitkan gairah belajar siswa yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif. Karena pembelajaran kooperatif membawa siswa kepada pembelajaran yang aktif sehingga mampu mengembangkan kemampuannya dalam memecahkan masalah atas materi yangdiberikan guru secara bekerja sama. Guru tidak lagi sebagai pusat belajar, akan tetapi siswa lab yang menjadi pusat belajar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi
model pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Data di.kumpulkan melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi.
Berdasarkan basil penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 1
Pangkalpinang menemukan bahwa penerapan atau penggunaan model pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di sekolah adalah efektif. Hal tersebut dapat di.ketahui setelah siswa belajar dengan menggl.Dlak.an model pembelajaran kooperatif: semua unsur-unsur dasar dari pembelajaran kooperatif telah tercapai. Kemudian adanya efek atau akibat dari proses pembelajaran, memberikan hasil yang memuaskan pada perolehan nilai, terlaksananya semua tugas pokok, tercapainya tujuan atau indi.kator, terbentuknya kompetensi, dan adanya partisipasi aktif darianggota kelompok.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | model pembelajaran koopeartil; pendidikan agama islam |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Hilda Aryani |
| Date Deposited: | 18 Nov 2025 03:43 |
| Last Modified: | 18 Nov 2025 03:43 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/4238 |
