Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Efektivitas penerapan metode Ziyadah, Takrir, dan Mutqin dalam meningkatkan hafalan Al- Qur’an santri di Ma’had Tahfidz Hidayatul Qur’an Desa Puding Besar

Zaini, Muhammad (2021) Efektivitas penerapan metode Ziyadah, Takrir, dan Mutqin dalam meningkatkan hafalan Al- Qur’an santri di Ma’had Tahfidz Hidayatul Qur’an Desa Puding Besar. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of HALAMAN AWAL _1711099.pdf] Text
HALAMAN AWAL _1711099.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[thumbnail of BAB I_1711099.pdf] Text
BAB I_1711099.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (785kB)
[thumbnail of BAB II_1711099.pdf] Text
BAB II_1711099.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (853kB)
[thumbnail of BAB III_1711099.pdf] Text
BAB III_1711099.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (546kB)
[thumbnail of BAB IV_1711099.pdf] Text
BAB IV_1711099.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (637kB)
[thumbnail of BAB V_1711099.pdf] Text
BAB V_1711099.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_1711099.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_1711099.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)

Abstract

INDONESIA:
Menghafal Al-Qur’an merupakan suatu perbuatan yang sangat mulia dan terpuji, dalam menghafal Al-Qur’an diperlukan metode-metode khusus untuk memudahkan dalam proses menghafalnya. Diantara metode-metode itu ialah metode ziyadah, takrir, dan mutqin. Hal ini digunakan untuk menjaga hafalan agar tetap melekat dalam pikiran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penerapan metode ziyadah, takrir dan mutqin dalam meningkatkan hafalan al-Qur’an santri di Ma’had Tahfidz Hidayatul Qur’an desa Puding Besar.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yang mengambil lokasi di Ma’had Tahfidz Hidayatul Qur’an Puding Besar dan subjek penelitian adalah asatidzah dan para santri. Sumber data penelitian ini yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari data yang di peroleh serta terkumpul kemudian di analisis dengan menggunakan teknik analisis data yang berupaya mencari makna suatu kejadian.

Berdasarkan deskripsi dan penyajian analisis data yaitu melalui hasil wawancara dan observasi. Penerapan metode ziyadah yaitu metode menghafal atau menambah hafalan baru kemudian menyetorkan kepada asatidzah. Metode takrir yaitu mengulang hafalan yang sudah diperdengarkan kepada muhafidz atau guru tahfidz. Metode mutqin adalah metode melancarkan atau mengulang hafalan lama sebanyak satu juz. takrir implementasinya yaitu pengulangan hafalan yang sudah dihafal memerlukan waktu tidak sedikit, meski bila dilakukan tidak sulit seperti menghafal materi baru. Berdasarkan analisis data dapat dijelaskan bahwa penerapan metode ziyadah,takrir dan mutqin dalam menghafal Al-Qur’an santri di Ma’had Tahfidz Hidayatul Qur’an Puding Besar cukup efektif. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pembelajaran tahfidzul Qur’an yang dilaksanakan oleh 20 asatidzah dan 15 santri dapat menghafal al-Quran 5 Juz (Qs. Al-Baqarah, Qs. Ali ‘Imran, Qs.An-Nisa dan Juz ‘Amma) dalam waktu satu tahun, maka dari itu metode tersebut dikategorikan cukup efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: metode ziyadah ; takrir, mutqin; al-qur’an; santri.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Hilda Aryani
Date Deposited: 11 Nov 2025 06:08
Last Modified: 11 Nov 2025 06:08
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/4233

Actions (login required)

View Item
View Item