Lastari, Mega (2021) Dukungan orang tua dalam memberi fasilitas untuk meningkatkan belajar agama anak tunarungu : Studi kasus orang tua peserta didik SLB YPAC Kota Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_1711094.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (3MB)
BAB I_1711094.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (245kB)
BAB II_1711094.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (233kB)
BAB III_1711094.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (325kB)
BAB IV_1711094.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (232kB)
BAB V_1711094.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (73kB)
DAFTAR PUSTAKA_1711094.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (150kB)
Abstract
INDONESIA:
Orang tua sebagai figur pendidik pertama bagi anak-anak tentu memiliki peran yang teramat besar dalam memberikan dasar bagi perkembangan keagamaan anak-anaknya. Bagi orang tua yang memiliki anak tunarungu, mengajar mereka tidak mudah, karena sulitnya mengajar anak tunarungu orang tua di SLB YPAC Kota Pangkalpinang berpesan kepada guru untuk fokus pada pengetahuan awal saja seperti cukup pandai dalam hal membaca, menulis dan berhitung dalam pelajaran agamanya kurang. Oleh karena itu, peneliti ingin meneliti tentang dukungan apa saja yang telah diberikan orang tua kepada anaknya terkhusus anak tunarungu mengenai belajar agama. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini ialah 1) Apa saja problematika yang ditemukan pada anak tunarungu SLB YPAC Kota Pangkalpinang dalam proses belajar agama? 2) Apa saja bentuk fasilitas yang dibutuhkan anak tunarungu SLB YPAC Kota Pangkalpinang dalam belajar agama? 3) Bagaimana dukungan orang tua dalam memfasilitasi anak tunarungu SLB YPAC Kota Pangkalpinang dalam belajar agama?
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data tersebut dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, Verifikasi dan Penarikan Kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah 1) Problematika yang ditemukan pada anak tunarungu SLB YPAC Kota Pangkalpinang dalam proses belajar agama adalah keterbatasan yang dimiliki, sulit mengontrol emosi siswa sehingga rentan terjadi permasalahan dalam belajar, serta siswa juga lamban dalam menerima materi yang diajarkan. 2) Bentuk fasilitas yang dibutuhkan anak tunarungu SLB YPAC Kota Pangkalpinang dalam belajar agama yaitu buku, alat tulis, iqro’ papan tulis, dan media-media yang menunjang pembelajaran. 3) Dukungan orang tua dalam memfasilitasi anak tunarungu SLB YPAC Kota Pangkalpinang dalam belajar agama yaitu dukungan penghargaan, orang tua selalu mengekspresikan penghargaan positif, dalam dukungan emosional orang tua memberi rasa nyaman, dalam dukungan intrumental orang tua memberikan beberapa fasilitas, sedangkan dalam dukungan informasi orang tua memberikan nasehat.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | dukungan orang tua; fasilitas belajar agama;anak tunarungu |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.9 Pendidikan Khusus, Pendidikan Luar Biasa, Pendidikan Inklusif, Pendidikan Inklusi |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Hilda Aryani |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 03:24 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 03:24 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/4229 |
