Artisabela, Artisabela (2025) Peningkatan keaktifan belajar siswa melalui model course review horay CRH pada mata pelajaran SKI di kelas VIII A/B MTs Negeri 1 Bangka Barat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2111250.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (543kB) | Request a copy
BAB I_2111250.pdf
Download (387kB)
BAB II_2111250.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (365kB) | Request a copy
BAB III_2111250.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (365kB) | Request a copy
BAB IV_2111250.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (772kB) | Request a copy
BAB V_2111250.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (129kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2111250.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (250kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya keaktifan belajar di kelas
VIII A dan B di MTs Negeri 1 Bnagka Barat. Hal tersebut dikarenakan beberapa hal seperti: (1) peserta didik kurang aktif pada saat pembelajaran, (2) kurangnya pemilihan model pembelajaran yang tepat. Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 1 Bangka Barat, dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay (CRH). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Course Review Horay (CRH) Terhadap Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Pada penelitian ini desain yang digunakan dalam penelitian yaitu Quasi Experimental Design. Pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Dalam penelitian ini menggunakan uji instrument penelitian, uji
prasyarat analisis dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa data post-test pada kelas eksperimen dan kontrol berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, baik untuk data tes maupun angket. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan metode Course Review Horay (CRH) dan metode ceramah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa
metode pembelajaran Course Review Horay (CRH) berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap peningaktan keaktifan belajar di mata pelajaran SKI. Model ini mampu meningkatkan keaktifan dan pemahaman peserta didik, sehingga dapat menjadi alternatif pembelajaran yang efektif di MTs Negeri 1 Bangka Barat.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | course review horay; keaktifan belajar |
| Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 002 Buku (topik menulis, perpustakaan, dan buku) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | ARTISABELA 12 |
| Date Deposited: | 20 Oct 2025 09:11 |
| Last Modified: | 20 Oct 2025 09:11 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/4209 |
