Adriani, Juniar (2025) Pengaruh penggunaan media sosial tiktok terhadap tingkat interaksi sosial peserta didik di SMK Negeri 3 Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal _1815035.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1815035.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (213kB) | Request a copy
BAB II_1815035.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (186kB) | Request a copy
BAB III_1815035.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (321kB) | Request a copy
BAB IV_1815035.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (147kB) | Request a copy
BAB V_1815035.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (117kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1815035.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (116kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media
sosial TikTok terhadap tingkat interaksi sosial peserta didik di SMK Negeri 3
Pangkalpinang. Latar belakang penelitian dilandasi oleh tingginya intensitas
penggunaan TikTok di kalangan remaja yang diduga berdampak pada pola
hubungan sosial di lingkungan sekolah. Penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI, dengan sampel
sebanyak 97 responden yang diperoleh melalui teknik simple random sampling. Instrumen pengumpulan data berupa angket menggunakan skala Likert, sedangkan analisis data dilakukan dengan uji regresi linear sederhana menggunakan bantuan perangkat lunak SPSS versi 22.
Hasil analisis menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara variabel
penggunaan TikTok terhadap interaksi sosial peserta didik, dengan nilai
signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05) dan nilai koefisien determinasi sebesar 0,819. Ini berarti bahwa 81,9% variasi dalam tingkat interaksi sosial dapat dijelaskan oleh intensitas penggunaan TikTok, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam studi ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa semakin tinggi frekuensi penggunaan TikTok, maka kecenderungan interaksi sosial secara langsung pada peserta didik cenderung menurun. Hasil penelitian ini dapat menjadi masukan bagi pihak sekolah dalam merancang strategi pembinaan penggunaan media sosial yang lebih efektif.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | tiktok; media sosial; interaksi sosial; peserta didik; remaja |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Juniar Adriani |
| Date Deposited: | 20 Oct 2025 07:51 |
| Last Modified: | 20 Oct 2025 07:51 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/4204 |
