Arifah, Ismi Zahrotul (2025) Implementasi media kinetic sand dalam mengembangkan imajinasi anak usia 5-6 tahun di Raudhatul Athfal Bahrul Ulum Desa Bencah. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAl_1812029.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (999kB)
BAB I_1812029.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (182kB) | Request a copy
BAB II_1812029.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (269kB) | Request a copy
BAB III_1812029.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (52kB) | Request a copy
BAB IV_1812029.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V_1812029.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (21kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_1812029.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (57kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi media kinetic sand dalam mengembangkan imajinasi anak usia 5-6 tahun di RA Bahrul Ulum Desa Bencah.. penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap praktik pendidikan anak usia dini, khususnya dalam mengoptimalkan peran media bermain dalam merangsang daya imajinasi dan kreativitas anak, sekaligus menjadi acuan bagi guru dan pendidik dalam menciptakan lingkungan belajar yang lebih menyenangkan dan inspiratif. Maka perlu adanya tindakan yang dapat memecahkan permasalahan tersebut yaitu salah satunya dengan mengimplementasikan media pembelajaran dengan kinetic sand.
Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap guru-guru dan kepala sekolah. Serta diperkuat dengan observasi dan dokumentasi kegiatan saat penelitian. Subjek penelitian yaitu 15 anak. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan verivikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi media kinetic sand dapat merangsang perkembangan imajinasi anak secara signifikan. Anak-anak mampu menciptakan bentuk-bentuk baru, mengekspresikan ide kreatif, dan menunjukkan peningkatan dalam kemampuan mengenal bentuk serta berpikir simbolik. Proses pembelajaran berlangsung dalam tiga tahap: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam evaluasi, guru menggunakan metode observasi, catatan anekdot, dan hasil karya anak. Penelitian ini merekomendasikan agar media kinetic sand digunakan secara rutin sebagai salah satu alat pembelajaran yang menyenangkan dan edukatif dalam mendukung perkembangan imajinasi anak.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | implementasi media kinetic sand dalam mengembangkan imajinasi anak usia dini |
| Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 152 Persepsi sensorik, gerakan, emosi, dan dorongan fisiologis |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Ismi Zahrotul Arifah |
| Date Deposited: | 20 Oct 2025 07:44 |
| Last Modified: | 20 Oct 2025 07:44 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/4196 |
