Febriani, Ella (2025) Implementasi pembelajan al- qur'an pada pelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 5 Simpang Teritip. Undergraduate thesis, Isntitut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2011134.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_2011134.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (543kB) | Request a copy
BAB II_2011134.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (583kB) | Request a copy
BAB III_2011134.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (326kB) | Request a copy
BAB IV_2011134.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (701kB) | Request a copy
BAB V_2011134.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (286kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_2011134.pdf - Accepted Version
Download (407kB)
Abstract
INDONESIA:
Permasalahan penelitian ini adalah ditemukannya masih banyak peserta didik yang belum mampu dan belum lancar membaca Al-Qur’an di SMPN 5 Simpang Teritip.Guru PAI berupaya mengimplementasikan pembelajaran Al-Qur’an pada mata pelajaran PAI agar dapat membantu meningkatkan kemampuan peserta didik membaca Al-Qur’an.Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui implementasipembelajaran Al-Qur’an pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 5 Simpang Teritip. (2) untuk mengetahui fakto-faktor yang mempengaruhi implementasi pembelajaran Al-Qur’an pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 5 Simpang Teritip. Penelitian ini menggunakan metode penelitian jenis kualitatif dengan pendekatan studi kasus.Adapun teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah teknik wawancara, observasi dan okumentasi.Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran Al-Qur’an pada mata pelajaran PAI di SMPN 5 Simpang Teritip melalui tiga tahapan antara lain tahapan perencanaan yaitu dengan menetukan tujuan pembelajaran, memilih materi dan media pembelajaran. Tahapan pelaksanaan yaitu dengan melaksanakan pembelajaran Al-Qur’an di 30 menit menjelang jam mata pelajaran PAI berakhir. Tahapan penilaian yaitu penilaian kemampuan peserta didik membaca AlQur’an.Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi pembelajaran AlQur’an pada mata pelajaran PAI di SMPN 5 Simpang Teritip yaitu terdiri dari dua faktor antara lain faktor internal yakni motivasi dan minat peserta didik dan faktor eksternal yakni dukungan orang tua untuk pendampingan membaca Al-Qur’an dirumah dan fasilitas sekolahyang memadai.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | implementasi; pembelajaran al-qur’an; pendidikan agama islam |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Ella Febriani |
| Date Deposited: | 20 Oct 2025 08:25 |
| Last Modified: | 20 Oct 2025 08:25 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/4193 |
