Nurmalasari, Vitaloca (2025) Implementasi metode tilawati untuk meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an anak TPA Muthmainnah Unit 154 Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1811228.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1811228.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (848kB) | Request a copy
BAB II_1811228.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (752kB) | Request a copy
BAB III_1811228.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (500kB) | Request a copy
BAB IV_1811228.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (813kB) | Request a copy
BAB V_1811228.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (427kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_1811228.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (725kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA :
Belajar membaca Al-Qur’an juga diperlukan metode, supaya tujuan pembelajaran tersebut tercapai, ada banyak sekali metode dalam belajar membaca Al-Qur’an, tetapi ada satu metode yang unik yangmana belajar membaca Al-Qur’an pada metode ini menggnakan Lagu Rost, pendekatan belajar yang menggunakan Lagu Rost diyakin lebih menyenangkan, dan tidak membosankan sehingga dapat meningkatkan motivasi dan minat anak untuk belajar Al-Qur’an. Salah satu TPA yang ada dibangka yang menggunakan metode Tilawati ini yaitu TPA Muthmainnah Unit 154 Pangkalpinang.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Implementasi Metode Tilawati di TPA Muthmainnah Unit 154 Pangkalpinang dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur’an Anak, dan untuk mengetahui bagaimana dampak Implementasi metode Tilawati pada kualitas kualitas bacaan Al- Qur’an Anak di TPA Muthmainnah Unit 154 Pangkalpinang.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang dilakukan di TPA Muthmainnah Unit 154 Pangkalpinang, teknik pengumpulan data peneliti berupa wawancara, observasi dan dokkumentasi, analisis data mellui tiga tahapan, reduksi data, penyajian data dan dan penarikan kesimpulan.
Hasil penetitian menunjukkan bahwa Implentasi metode tilawati di TPA Mutmainnah Unit 154 Pangkalpinang terdapat modifikasi alokasi waktu pada metode tilawatinya yaitu 3 kali pertemuan dalam satu minggunya dan 120 menit dalam satu kali pertemuan, proses pembelajarannya dimulai dari circle time,muroja’ah, klasikal peraga, individual baca simak, belajar materi penunjang, dan sholat jama’ah, review dan penutup.adanya dampak positif pada kualitas bacaan Al-Quran anak di TPA Muthmainnah yaitu kualitas bacaan Al-Qur’an anak semakin membaik dari hari ke hari.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | metode tilawati; kualitas; Al-Qur’an |
| Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam > 297.1 Kitab Suci Agama Islam; Sumber-Sumber Agama Islam 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Vitaloca Nurmalasari |
| Date Deposited: | 20 Oct 2025 02:32 |
| Last Modified: | 20 Oct 2025 02:32 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/4186 |
