Pamila, Novitasari (2025) Pelaksanaan program baca tulis al-Qur'an (BTQ) dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur'an peserta didik kelas IV di SD STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1811153.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1811153.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (308kB) | Request a copy
BAB II_1811153.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (423kB) | Request a copy
BAB III_1811153.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (268kB) | Request a copy
BAB IV_1811153.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (392kB) | Request a copy
BAB V_1811153.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (164kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1811153.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini mendeskripsikan pelaksanaan program Program Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik kelas IV di STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung. Latar belakang penelitian adalah kesadaran pentingnya mengasah kemampuan membaca Al-Qur’an dengan baik sejak dini. Hal ini juga disertai dengan peningkatan program pembinaan yang lebih terstruktur untuk meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksaan program Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) peserta didik kelas IV, hasil dari pelaksanaan program Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) dalam meningkatkan kemampuan membaca peserta didik kelas IV, dan evaluasi dari pelaksanaan program Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ).
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pendekatan deskriptif. Sumber data penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan 32 peserta didik, kepala sekolah, dan pembimbing BTQ kelas IV. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian mengungkapkan pelaksanaan program BTQ menggunakan metode talaqqi yang disesuaikan dengan kemampuan peserta didik. Dukungan dari lingkungan belajar, khususnya keterlibatan orang tua, turut memperkuat keberhasilan program ini. Hasil dari pelaksanaan program ini menunjukkan mayoritas peserta didik mengalami peningkatan dalam membaca al-Qur’an yaitu dari segi kelancaran membaca, pemahaman tajwid dan pelafalan makhraj huruf. Evaluasi pelaksanaan program BTQ secara konteks, input dan proses telah berjalan dengan baik, dan dari segi hasil program secara keseluruhan memberikan dampak positif terhadap kemampuan dan semangat peserta didik dalam membaca al-Qur’an.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | btq; membaca al-Qur'an; metode talaqqi |
| Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam > 297.1 Kitab Suci Agama Islam; Sumber-Sumber Agama Islam |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Pamila Novitasari |
| Date Deposited: | 17 Oct 2025 07:11 |
| Last Modified: | 17 Oct 2025 07:11 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/4171 |
