Ramadhan, Puja (2025) Stimulasi kemampuan kognitif anak melalui pasir kinetik di kelompok A PAUD Ceria SKB Tuatunu Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2112022.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (764kB)
BAB I_2112022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (200kB) | Request a copy
BAB II_2112022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (262kB) | Request a copy
BAB III_2112022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (172kB) | Request a copy
BAB IV_2112022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (606kB) | Request a copy
BAB V_2112022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (33kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_2112022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (106kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya stimulasi kemampuan kognitif anak melalui pasir kinetik. Permasalahan yang ditemukan di PAUD Ceria SKB Tuatunu Pangkalpinang menunjukkan bahwa beberapa anak belum mampu menyebutkan huruf, dan belum dapat membedakan tekstur pasir kinetik, serta masih mengalami kesulitan dalam berkreatif saat bermain pasir kinetik, maka dari itu perlunya stimulasi kemampuan kognitif anak melalui pasir kinetik
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa obsevasi, wawancara, dan dokumentasi kepada informan yaitu kepala sekolah dan guru kelas A PAUD Ceria SKB Tuatunu Pangkalpinang. Subjek peneliti yaitu anak kelas A yang berjumlah 15 anak. Peneliti menggunakan analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Berdasarkan hasil dari stimulasi kemampuan kognitif anak melalui pasir kinetik di kelompok A PAUD ceria SKB tuatunu pangkalpinang yaitu, telihat bahwa anak mampu memecahkan masalah saat bermain pasir kinetik yang dimana anak akan mencoba berbagai cara untuk mencapai hasil yang diinginkan, selain itu anak juga menunjukkan kemampuan berpikir kreatif yang dimana anak akan menciptakan berbagai bentuk pada pasir kinetik sesuai imajinasinya, kemudian dengan bermain pasir kinetik anak mampu menceritakan kembali pengetahuan dan pengalaman pribadi melalui bermain pasir kinetik, serta anak mampu mengenal warna, bentuk, ukuran, dan tekstur pasir kinetik dengan menggunakan alat bantu seperti cetakan yang bermacam-macam hingga anak tertarik untuk bermain pasir kinetik, serta anak mulai mengenal lambang huruf dengan menggunakan alat bantu cetakan berbentuk huruf yang dimana memudahkan anak untuk mengenal lambang huruf.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | pasir kinetik; kemampuan perkembangan kognitif |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Puja Ramadhan |
| Date Deposited: | 17 Oct 2025 03:40 |
| Last Modified: | 17 Oct 2025 03:40 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/4166 |
