Muhtadin, Faizal (2025) Strategi guru fiqih dalam meningkatkan minat belajar siswa di Madrasah Miftahul Jannah Pelangas Bangka Barat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1811069.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (684kB)
BAB I_1811069.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (222kB) | Request a copy
BAB II_1811069.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (291kB) | Request a copy
BAB III_1811069.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (104kB) | Request a copy
BAB IV_1811069.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (187kB) | Request a copy
BAB V_1811069.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (72kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1811069.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (142kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Latar belakang penelitian ini adalah untuk mencari tahu bagaimana Upaya Guru Fiqih dalam meningkatkan minat belajar siswa di Madrasah Miftahul Jannah Pelangas Bangka Barat. Dalam pencegahan maupun tindak lanjut tersebut maka guru Fiqih membutuhkan berbagai macam program serta upaya dalam mendorong, mengatasi tindakan siswa yang masih kurang minat dalam belajar. Sehingga dalam hal ini, bertujuan untuk mengatasi kurangnya minat belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang strategi guru Fiqih dalam meningkatkan minat belajar siswa di Madrasah Miftahul Jannah Pelangas Bangka Barat.
Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif deskriptif. Penelitian dengan pendekatan fenomenologi menekankan analisis proses dari proses berpikir secara induktif yang berkaitan dengan dinamika hubungan antar fenomena yang diamati dan senantiasa menggunakan logika ilmiah. Penelitan ini mengambil latar belakang di MA Miftahul Jannah Pelangas. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru Fiqih dan peserta didik MA Miftahul Jannah Pelangas. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi, baik sumber maupun teknik. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah; Strategi pembelajaran ekspositori, Strategi Pembelajaran berbasis masalah, Strategi Pembelajaran berbasis proyek, Strategi Pembelajaran Diferensiasi, sedangkan strategi yang paling sering diterapkan adalah Strategi Pembelajaran Kooperatif. Adapun faktor pendukungnya adalah prasarana yang memadai, sedangkan faktor penghambatnya adalah sarana yang kurang memadai.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | strategi; guru fiqih; minat belajar |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Faizal Muhtadin |
| Date Deposited: | 17 Oct 2025 04:31 |
| Last Modified: | 17 Oct 2025 04:31 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/4153 |
