Annisyah, Wanda (2025) Implementasi pendekatan behavioristik dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMK Negeri 1 ParitTiga. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2121011.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_2121011.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (347kB) | Request a copy
BAB II_2121011.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (460kB) | Request a copy
BAB III_2121011.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (319kB) | Request a copy
BAB IV_2121011.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (251kB) | Request a copy
BAB V_2121011.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (10kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_2121011.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (403kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam implementasi pendekatan behavioristik dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMK Negeri 1 Parittiga. Masalah kedisiplinan sering kali menjadi tantangan krusial dalam lingkungan pendidikan, sehingga diperlukan strategi yang efektif untuk mengatasinya. Berdasarkan teori BF Skinner yang menekankan pada konsep penguatan (reinforcement) dan hukuman (punishment) sebagai pembentuk perilaku, penelitian ini berupaya mengali bagaimana prinsip-prinsip tersebut diterapakan di sekolah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui obervasi partisipatif terhadap interaksi guru dan siswa dikelas dan dilingkungan sekolah, wawancara mendalam dengan guru bimbingan konseling (bk), siswa, dan analisis dokumen terkait peraturan sekolah dan catatan pelanggaran kedisiplinan. Subjek penelitian dipilih secara purposive sampling untuk mendapatkan informasi yang kaya dan relevan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa SMK Negeri 1 Parittiga secara implisit telah menerapkan beberapa prinsip behavioristik Skinner. Seperti penguatan positif terlihat dari pemberian pujian, apresiasi dan pemberian poin kepada siswa yang sudah menunjukan perilaku kedisiplinan, seperti kehadiran siswa yang tepat waktu, penyelesaian tugas, dan kepatuhan terhadap aturan sekolah. Sementara itu hukuman negatif (pengurangan hak atau kosenkuensi) dan hukuman positif (pemberian hapalan surat-surat pendek) juga diterapkan sebagai upaya untuk mengurangi perilaku tidak disiplin. Namun penerapannya masih bervariasi antara guru dan belum terintegrasi secara komprehensif. Tantangan yang ditemukan meliputi konsitensi penerapan, pemahaman guru terhadap konsep behavioristik, dan resistensi dari sebagian kecil siswa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | behavioristik; kedisiplinan siswa |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid |
| Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan dan Konseling Islam > Tugas Akhir |
| Depositing User: | wanda Annisyah |
| Date Deposited: | 16 Oct 2025 08:13 |
| Last Modified: | 16 Oct 2025 08:13 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/4146 |
