Ramadhani, M. Fitra (2025) Implementasi kegiatan ekstrakurikuler rohis (rohani Islam) dalam upaya penguatan pemahaman agama Islam peserta didik di SMP Negeri 9 kota Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL-1811254.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB 1-1811254.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (676kB) | Request a copy
BAB 2-1811254.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (655kB) | Request a copy
BAB 3-1811254.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (721kB) | Request a copy
BAB 4-1811254.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (839kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA-1811254.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (418kB) | Request a copy
BAB 5-1811254.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (327kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA
Kegiatan ekstrakurikuler Rohani Islam (ROHIS) memiliki pengaruh penting dalam pembinaan keagamaan peserta didik di lingkungan sekolah. Melalui berbagai program, ROHIS berupaya memperkuat pemahaman agama Islam serta meningkatkan keterlibatan siswa dalam praktik ibadah dan nilai sosial keagamaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kegiatan ROHIS di SMP Negeri 9 Kota Pangkalpinang guna mengetahui efektivitasnya dalam menguatkan pemahaman Islam peserta didik serta tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaannya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari pembina ROHIS, peserta didik yang aktif dalam kegiatan ROHIS, serta pihak sekolah yang terlibat dalam mendukung program keagamaan. Analisis dilakukan dengan menginterpretasikan data secara tematik untuk memahami pola pelaksanaan, dampak kegiatan, serta kendala yang muncul.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ROHIS memberikan kontribusi positif terhadap penguatan pemahaman agama Islam peserta didik. Program seperti kajian rutin, tahsin Al-Quran, tadabbur alam, dan study tour terbukti mampu memperkuat nilai keislaman siswa serta membangun karakter religius mereka. Namun, terdapat kendala dalam implementasi, seperti keterbatasan waktu dan sumber daya, yang memengaruhi optimalisasi program. Dukungan dari pihak sekolah dan strategi pembinaan yang lebih terstruktur menjadi faktor penting dalam memastikan keberlanjutan serta efektivitas program ROHIS dalam pendidikan keislaman siswa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | rohis; ekstrakurikuler; keagamaan; pemahaman agama islam; pendidikan islam; smp negeri 9 kota pangkalpinang |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Fitra Ramadhani |
| Date Deposited: | 16 Oct 2025 08:09 |
| Last Modified: | 16 Oct 2025 08:09 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/4134 |
