Lilin, Lilin (2025) Pengaruh metode learning start with a question LSQ terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VII MTs Nurul Huda Tempilang Bangka Barat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2111233.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (911kB)
BAB I_2111233.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (335kB) | Request a copy
BAB II_2111233.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (397kB) | Request a copy
BAB III_2111233.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (463kB) | Request a copy
BAB IV_2111233.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (482kB) | Request a copy
BAB V_2111233.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (293kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2111233.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (262kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keaktifan belajar siswa kelas VII di MTs Nurul Huda Tempilang. Hal tersebut dikarenakan beberapa hal seperti: (1) siswa kurang aktif pada saat pembelajaran, (2) kurang minatnya siswa untuk bertanya, (3) kurangnya pemilihan metode pembelajaran yang tepat. Penelitian ini dilakukan di MTs Nurul Huda Tempilang dengan menggunakan metode Learning Start with A Question (LSQ). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode Learning Start with A Question (LSQ) terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian yaitu quasi experimental design. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket. Dalam penelitian ini menggunakan uji instrument penelitian, uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data post-test pada kelas eksperimen dan kontrol berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara keaktifan belajar siswa yang diajar dengan metode Learning Start with A Question (LSQ) dan metode konvensional (ceramah).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa metode Learning Start with A Question (LSQ) berpengaruh secara signifikan terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VII. Metode ini mampu meningkatkan keaktifan dan pemahaman peserta didik, sehingga dapat menjadi alternatif pembelajaran yang efektif di MTs Nurul Huda Tempilang.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | learning start with a question (LSQ); keaktifan belajar; akidah akhlak |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Lilin 07 |
| Date Deposited: | 16 Oct 2025 04:04 |
| Last Modified: | 16 Oct 2025 04:04 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/4131 |
