Susinda, Ayuni (2025) Pengaruh kelompok belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI pada peserta didik kelas IV SD negeri 11 Lubuk Besar. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_Ayuni Susinda_organized.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_ 1811025.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
BAB II_1811025.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (419kB) | Request a copy
BAB III_1811025.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (86kB) | Request a copy
BAB IV_1811025.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (260kB) | Request a copy
BAB V_1811025.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (16kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1811025.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (83kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Belajar kelompok merupakan hasil kegiatan yang disengaja untuk merubah tingkah laku, sehingga diperoleh kecakapan baru dari kegiatan belajar dengan berkelompok. Hasil belajar kelompok dapat diketahui setelah melalui proses belajar, kemudian diterapkan atau diujikan pada dunia nyata. Setiap kegiatan belajar kelompok akan melibatkan beberapa peserta didik dalam menghasilkan suatu perubahan pada diri peserta didik, perubahan ini akan tampak dalam tingkah laku peserta didik atau prestasi peserta didik.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh belajar kelompok terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI pada peserta didik kelas VI SD Negeri 11 Lubuk Besar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 11 Lubuk Besar dengan sampel sebanyak 30 responden dengan menggunakan metode ekperimen dan kontrol.
Dari hasil penerapan belajar kelompok dengan langkah-langkah yang tepat, penulis dapat menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan belajar kelompok terhadap peningkatan hasil belajar PAI peserta didik kelas VI SD Negeri 11 Lubuk Besar Bangka Tengah. Hal ini dapat dibuktikan dari data hasil perhitungan yaitu hasil to = -10,95 diperoleh dalam perhitungan to lebih besar dari ttabel pada df atau db 14.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | belajar kelompok; hasil belajar; pembelajaran pai |
| Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 305 Kelompok-kelompok sosial |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Ayuni Susinda |
| Date Deposited: | 16 Oct 2025 04:40 |
| Last Modified: | 16 Oct 2025 04:40 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/4124 |
