Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Efektivitas layanan konseling kelompok menggunakan teknik cognitive restructuring dalam meningkatkan self-efficacy peserta didik di MTs Miftahul Jannah Pelangas

Wathon, Muhammad Hizbul (2025) Efektivitas layanan konseling kelompok menggunakan teknik cognitive restructuring dalam meningkatkan self-efficacy peserta didik di MTs Miftahul Jannah Pelangas. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of HALAMAN AWAL_2115069.pdf] Text
HALAMAN AWAL_2115069.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I_2115069.pdf] Text
BAB I_2115069.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (286kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_2115069.pdf] Text
BAB II_2115069.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (474kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_2115069.pdf] Text
BAB III_2115069.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (307kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_2115069.pdf] Text
BAB IV_2115069.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (426kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_2115069.pdf] Text
BAB V_2115069.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (162kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_2115069 (1).pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_2115069 (1).pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (173kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:
Self-efficacy merupakan keyakinan individu terhadap kemampuan diri dalam menyelesaikan tugas untuk mencapai tujuan, yang mencakup level, strength, dan generality. Keyakinan ini berperan penting dalam pencapaian akademik maupun non-akademik peserta didik.

Penelitian ini bertujuan menguji efektivitas layanan konseling kelompok dengan teknik cognitive restructuring dalam meningkatkan self-efficacy peserta didik kelas VIII MTs Miftahul Jannah. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain quasi-eksperimen non-equivalent control group. Sampel penelitian berjumlah 12 peserta didik dengan self-efficacy rendah, bagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol masing-masing 6 orang. Pengumpulan data dilakukan menggunakan skala efikasi diri menjadi pre-test dan post-test.

Hasil analisis dengan uji Wilcoxon signed-rank menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kelompok eksperimen (Z=2,207;Sig.0,027< 0,05). Dengan demikian, konseling kelompok menggunakan teknik cognitive restructuring terbukti efektif meningkatkan self-efficacy peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: layanan konseling kelompok; teknik cognitive restructuring; self- efficacy
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Muhammad Hizbul
Date Deposited: 15 Oct 2025 09:38
Last Modified: 15 Oct 2025 09:38
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/4109

Actions (login required)

View Item
View Item