Wathon, Muhammad Hizbul (2025) Efektivitas layanan konseling kelompok menggunakan teknik cognitive restructuring dalam meningkatkan self-efficacy peserta didik di MTs Miftahul Jannah Pelangas. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_2115069.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_2115069.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (286kB) | Request a copy
BAB II_2115069.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (474kB) | Request a copy
BAB III_2115069.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (307kB) | Request a copy
BAB IV_2115069.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (426kB) | Request a copy
BAB V_2115069.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (162kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_2115069 (1).pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (173kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Self-efficacy merupakan keyakinan individu terhadap kemampuan diri dalam menyelesaikan tugas untuk mencapai tujuan, yang mencakup level, strength, dan generality. Keyakinan ini berperan penting dalam pencapaian akademik maupun non-akademik peserta didik.
Penelitian ini bertujuan menguji efektivitas layanan konseling kelompok dengan teknik cognitive restructuring dalam meningkatkan self-efficacy peserta didik kelas VIII MTs Miftahul Jannah. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain quasi-eksperimen non-equivalent control group. Sampel penelitian berjumlah 12 peserta didik dengan self-efficacy rendah, bagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol masing-masing 6 orang. Pengumpulan data dilakukan menggunakan skala efikasi diri menjadi pre-test dan post-test.
Hasil analisis dengan uji Wilcoxon signed-rank menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kelompok eksperimen (Z=2,207;Sig.0,027< 0,05). Dengan demikian, konseling kelompok menggunakan teknik cognitive restructuring terbukti efektif meningkatkan self-efficacy peserta didik.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | layanan konseling kelompok; teknik cognitive restructuring; self- efficacy |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Muhammad Hizbul |
| Date Deposited: | 15 Oct 2025 09:38 |
| Last Modified: | 15 Oct 2025 09:38 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/4109 |
