Anggreini, Jessica (2025) Strategi dan tantangan guru PAI dalam transformasi digital di SMA Negeri 3 Toboali Kabupaten Bangka Selatan. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2111084 (1).pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (617kB) | Request a copy
BAB I_2111084.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (262kB) | Request a copy
BAB II_2111084.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (318kB) | Request a copy
BAB III_2111084.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (260kB) | Request a copy
BAB IV_2111084.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (813kB) | Request a copy
BAB V_2111084.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (151kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2111084.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Strategi guru yang tepat dalam proses pembelajaran di dalam kelas sangatlah penting dilakukan agar pembelajaran dapat berjalan dengan efesien dan efektif. Penelitian ini untuk mengetahui tantangan apa yang sedang dihadapi guru PAI dalam pembelajaran PAI di era transformasi digital, serta penelitian ini ingin mengetahui bagaimana strategi yang tepat dalam menghadapi tantangan pembelajaran PAI di era digital upaya meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PAI. Data dikumpulkan melalui, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya tantangan yang dirasakan guru yakni kurangnya minat ataupun semangat peserta didik, kurang memperhatikan guru yang sedang menjelaskan di depan dan menggunakan HP saat pembelajaran seperti membuka sosial media, tiktok dan game online. Oleh karena itu perlunya strategi yang dapat diimplementasikan guru PAI dalam menghadapi tantangan transformasi digital. Pertama, guru menggunakan teknologi digital dengan efektif dalam proses pembelajaran. Kedua, guru meningkatkan kemampuan digitalnya melalui absensi online. Ketiga, guru merancang pembelajaran yang menarik dengan menggunakan poster dan powerpoint. Keempat, guru menggunakan kuis quizizz. Kelima, guru mengontrol keamanan digital peserta didik agar terwujudnya pengaruh digitalisasi yang baik. Keenam, guru memotivasi peserta didik dengan memberikan reward/penghargaan. Dengan demikian, strategi guru PAI dalam mengahadapi tantangan transformasi digital yang ada di SMAN 3 Toboali sudah diimplementasikan dengan baik dan mendapat respon yang positif dari peserta didik.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | strategi guru; pendidikan agama islam; peserta didik |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Jessica Anggraeni |
| Date Deposited: | 15 Oct 2025 08:34 |
| Last Modified: | 15 Oct 2025 08:34 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/4101 |
