Khasaanah, Dwinita Lukluatul (2025) Implementasi metode yanbu'a dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa SMP IT Pondok Pesantren Bahrul Huda Sarang Mandi Bangka Tengah. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2111230.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (882kB)
BAB I_2111230.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (289kB) | Request a copy
BAB II_2111230.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (480kB) | Request a copy
BAB III_2111230.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (283kB) | Request a copy
BAB IV_2111230.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (486kB) | Request a copy
BAB V_2111230.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (183kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_2111230.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (193kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA
Kemampuan membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar merupakan keterampilan dasar yang harus dimiliki setiap Muslim. Namun, Pada era sekarang tidak sedikit siswa yang belum bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, dari hal tersebut maka Pondok Pesantren Bahrul Huda Sarang Mandi menerapkan metode yanbu’a kepada siswa agar dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskrisikan implementsi metode yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa SMP IT Pondok Pesantren Bahrul Huda Sarang Mandi dan faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca Al-Qur’an siswa SMP IT Pondok Pesantren Bahrul huda sarang mandi.
Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru metode yanbu’a Pondok Pesantren Bahrul Huda dan siswa kelas VII SMP IT Pondok Pesantren Bahrul Huda Sarang Mandi. Sedangkan analisis data yang digunakan penelitian ini menggunakan analisis model Miles and Hubnerman yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.
Kesimpulan menunjukkan bahwa implementasi metode yanbu’a dapat meningkatkan kemampuan membaca para siswa SMP IT Pondok Pesantren Bahrul Huda Sarang Mandi. Melihat dari evaluasi akhir bahwa sebagian para siswa sudah mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai kaidah tajwidnya. Adapun faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca Al-Qur’an siswa SMP IT Pondok Pesantren Bahrul Huda sarang mandi adalah minat siswa, guru pengajar dan orang tua serta tempat tinggal siswa alat pendidikan dan waktu belajar.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | metode yanbu'a; kemampuan membaca al-Qur'an; peningkatan kemampuan |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Dwinita Lukluatul Khasanah |
| Date Deposited: | 15 Oct 2025 07:52 |
| Last Modified: | 15 Oct 2025 07:52 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/4080 |
