Datussari, Irsya (2025) Strategi guru pendidikan agama Islam dalam mencegah terjadinya bullying antar siswa melalui program peaceful school di SMP Negeri 1 Tukak Sadai, Bangka Selatan. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Sidik.
Halaman Awal_2111147.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB) | Request a copy
BAB I_2111147.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (477kB) | Request a copy
BAB II_2111147.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (461kB) | Request a copy
BAB III_2111147.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (293kB) | Request a copy
BAB IV_2111147.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V_2111147.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (199kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_2111147.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (242kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA
Bullying merupakan salah satu kasus yang sering terjadi saat ini, terutama di lingkungan sekolah. Banyak siswa yang membuly temannya sendiri, baik dengan cara memukul, mengejek, menghina dan lain-lain sehingga membuat mental korban menjadi lemah. Kejadian serupa juga dialami di SMP Negeri 1 Tukak Sadai yang memiliki beberapa kasus bullying. Namun, di SMP Negeri 1 Tukak Sadai kasus bullying dicegah melalui program peaceful schooll, sehingga kejadian bullying di SMP Negeri 1 Tukak Sadai menjadi lebih rendah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam mencegah terjadinya bullying antar siswa melalui program peaceful school di SMP Negeri 1 Tukak Sadai dan mengetahui bagaimana implementasi guru terhadap program peaceful school di SMP Negeri 1 Tukak Sadai.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu dengan data reduction (reduksi data), data display dan conclusion drawing/verification (menarik kesimpulan). Responden penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam (PAI), Guru Bimbingan Konseling (BK) dan peserta didik SMP Negeri 1 Tukak Sadai yang berjumlah 10 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Tukak Sadai menerapkan strategi pencegahan bullying melalui program peaceful school dengan menanamkan nilai-nilai akhlak dan keagamaan, memberikan penyuluhan tentang bahaya bullying, serta dukungan psikologis bagi siswa. Program ini dilaksanakan melalui tiga tahapan, yaitu perencanaan dengan identifikasi masalah dan pelatihan guru, pelaksanaan berupa sosialisasi dan pembiasaan sikap positif, serta evaluasi melalui pemantauan perilaku siswa. Strategi ini terbukti mampu menciptakan lingkungan sekolah yang lebih aman, damai, dan mendorong hubungan yang harmonis antar siswa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | strategi; bullying; program peaceful school |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Irsya Datussari |
| Date Deposited: | 15 Oct 2025 07:23 |
| Last Modified: | 15 Oct 2025 07:23 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/4079 |
