Mutiara, Mutiara (2025) Pengaruh pendidikan multikultural terhadap sikap toleransi siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Kelapa. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2011054.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_2011054.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (336kB) | Request a copy
BAB II_2011054.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (543kB) | Request a copy
BAB III_2011054.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (556kB) | Request a copy
BAB IV_2011054.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (715kB) | Request a copy
BAB V_2011054.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (196kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2011054.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (312kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Pentingnya penanaman nilai-nilai multikultural dalam lingkungan sekolah sebagai upaya membentuk sikap saling menghargai dan menghormati perbedaan. Tujuan dari penelitian ini adalaah untuk menguji seberapa besar pengaruh pendidikan multikultural terhadap sikap toleransi siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Kelapa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu skala likert. Pengujian instrumen penelitian menggunakan uji validitas istrumen dan uji reliabilitas instrumen. Analisis data yaitu menggunakan uji persyaratan analisis dan uji hipotesis.
Hasil analisis data pada uji regresi linier sederhana t-hitung yang didapatkan lebih besar dari t-tabel yaitu pada angka 8,708>1,981, yang diartikan bahwa variabel X (pendidikan multikultural) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Y (sikap toleransi). Nilai signifikanssi yang diperoleh berada pada angka 3,29E, yang artinya lebih kecil dari 0,05 (3,29E < 0,05) yang menandakan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara variabel pendidikan multikultural (x) terhadap variabel sikap toleransi (y), dan diperoleh nilai korelasi sebesar 0,637 menandakan hubungan yang kuat. Kemudian dari nilai R Square didapati bahwa pendidikan multikultural mempengaruhi sikap toleransi sebesar 40%, sedangkan sisanya 60% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengaruh pendidikan multikultural terhadap sikap toleransi siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Kelapa berada pada kategori kuat. Jadi secara hipotesis dinyatakan Ha diterima dan Ho ditolak.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | pendidikan multikultural; sikap toleransi |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.0 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Mutiara Octavia |
| Date Deposited: | 15 Oct 2025 07:25 |
| Last Modified: | 15 Oct 2025 07:25 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/4050 |
