Fikriyanto, Vicky (2025) Analisis tingkat kesukaran dan daya pembeda soal ujian mata pelajaran pendidikan agama Islam di Pondok Pesantren Uwais Al Qorni Tempilang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_2011189.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_2011189.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (351kB) | Request a copy
BAB II_2011189.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (535kB) | Request a copy
BAB III_2011189.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (600kB) | Request a copy
BAB IV_2011189.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (458kB) | Request a copy
BAB V_2011189.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (205kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_2011189.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (225kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Berdasarkan uraian permasalahan maka upaya untuk mengetahui apakah soal yang dibuat oleh guru sudah termasuk layak dan baik, serta memberikan hasil yang maksimal dalam mengukur dan meningkatkan tingkat pemahaman siswa, maka dalam hal ini akan melakukan analisis tingkat kesukaran dan daya pembeda soal ujian mata pelajaran PAI di Pondok Pesantren Uwais Al Qorni. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas tingkat kesukaran dan daya pembeda soal Ujian Akhir Semester di Pondok Pesantren Uwais Al Qorni Tempilang.
Penelitian ini menggunakan metode campuran (mix method). Analisis dalam penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dengan menghitung data berdasarkan rumus dan secara kualitatif dengan penjabaran dari hasil data kuantitatif yang telah diperoleh. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII yang berjumlah 30 orang. Teknik dan alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan analisis data yang terdapat dalam dokumendokumen soal, lembar jawaban, dan kunci jawaban.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah; 1) Soal yang termasuk dalam kategori mudah terdapat 10 soal (33%), dalam kategori sedang 8 soal (27%) dan dalam kategori sukar 12 soal (40%). 2) Soal dengan daya pembeda jelek sekali terdapat 1 soal (3%), kategori jelek 21 soal (70%), kategori cukup 6 soal (20%), kategori baik 2 soal (7%) dan baik sekali 0. Dengan demikian soal Pendidikan Agama Islam yang diujikan pada Ujian Akhir Semester genap di kelas XII kurang baik.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | tingkat kesukaran; daya pembeda soal; PAI |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.0 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Vicky Fikriyanto |
| Date Deposited: | 15 Oct 2025 06:41 |
| Last Modified: | 15 Oct 2025 06:41 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/4047 |
