Maharani, Mita (2025) Analisis faktor-faktor adopsi e-commerce dan pengaruhnya terhadap kinerja usaha mikro, kecil dan menengah syariah di Kecamatan Toboali. Undergraduate thesis, Institut Agama islam Negeri Syaikh Adurrahman Siddik.
Halaman_awal_Mita Mahari_organized.pdf - Accepted Version
Download (1MB)
BAB I_2133007(1).pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (162kB) | Request a copy
BAB II_2133007.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (255kB) | Request a copy
BAB III_2133007.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (223kB) | Request a copy
BAB IV_2133007.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (238kB) | Request a copy
BAB V_2133007.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (81kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2133007.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (121kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Potensi peluang bisnis digital akan terus tumbuh seiring dengan meningkatnya penetrasi pengguna internet di Indonesia, seperti adanya penjualan produk secara online yang dilakukan oleh pelaku perekonomian modern sekarang ini. Pelaku usaha mulai menggunakan adopsi e-commerce yang bisa menggerakan roda perekonomian nasional, mewujudkan rasa adil dalam distribusi pendapatan, sumber daya ekonomi, serta hilangnya praktek monopoli yang di mana produk seperti Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Syariah, produk lokal yang dibuat oleh masyarakat bersaing dalam era globalisasi untuk mewujudkan ekonomi kreatif. E-commerce meliputi beberapa proses dari pengembangan pemasaran, penjualan, pengiriman, pelayanan, dan pembayaran para pelanggan, dengan dukungan dari jaringan para mitra bisnis di seluruh dunia.
Jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research), menggunakan metode kuantitatif. Jumlah sampel penelitiannya sebesar 98 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Skala pengukurannya menggunakan skala Likert. Teknik analisis data menggunakan validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik dan uji hipotesis (Analisis Regresi Sederhana, Uji T dan Uji F). Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan faktor-faktor adopsi e-commerce dan untuk mengetahui pengaruh adopsi e-commerce terhadap kinerja Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Syariah di KecamatanToboali.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa faktor-faktor adopsi e-commerce berpengaruh terhadap kinerja UMKM Syariah di Kecamatan Toboali, untuk faktor teknologi thitung (4,307) < ttabel (1.661), faktor organisasi thitung (-2,372) < ttabel (1.661), faktor lingkungan thitung (4.031) < ttabel (1,661),dan faktor individu thitung (5.435) < ttabel (1,661). Sedangkan pengaruh secara langsung maupun tidak langsung dari faktor-faktor adopsi e-commerce terhadap kinerja Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Syariah di Kecamatan Toboali, sangat signifikan dan positif. Hal ini dapat dilihat dari thitung sebesar 44.723.>ttabel 1.661 dengan angka signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05. Semua faktor yang ada pada adopsi e-commerce berpengaruh secara simultan baik secara langsung maupun tidak langsung dalam meningkatkan Kinerja UMKM Syariah di Kecamatan Toboali.
Kata Kunci: Faktor-faktor adopsi E-Commerce dan pengaruhnya, Kinerja UMKM Syariah
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | faktor-faktor adopsi e-commerce; pengaruhnya; kinerja umkm syariah |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 657 Akuntansi |
| Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Akuntansi Syariah > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Mita Maharani |
| Date Deposited: | 15 Oct 2025 09:59 |
| Last Modified: | 15 Oct 2025 09:59 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/4030 |
