Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Upaya menciptakan lingkungan pendidikan berbasis moderasi beragama di SMP Negeri 1 Kelapa

Darma, Darma (2025) Upaya menciptakan lingkungan pendidikan berbasis moderasi beragama di SMP Negeri 1 Kelapa. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal _2011232.pdf] Text
Halaman Awal _2011232.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I _2011232.pdf] Text
BAB I _2011232.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (567kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II _2011232.pdf] Text
BAB II _2011232.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (721kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III _ 2011232.pdf] Text
BAB III _ 2011232.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (546kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_ 2011232.pdf] Text
BAB IV_ 2011232.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (502kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_ 2011232.pdf] Text
BAB V_ 2011232.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (108kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_ 2011232.pdf] Text
Daftar Pustaka_ 2011232.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (243kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:
Permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini adalah upaya menciptakan lingkungan pendidikan berbasis moderasi beragama di Smp Negeri 1 Kelapa. Adapun tujuan dari penelitian adalah (1). Untuk mengetahui bagaimana upaya menciptakan lingkungan pendidikan berbasis moderasi beragama di Smp Negeri 1 Kelapa. (2). Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam upaya menciptakan lingkungan pendidikan berbasis moderasi beragama di SMP Negeri 1 Kelapa.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang ingin mendeskripsikan secara mendalam mengenai upaya menciptakan lingkungan pendidikan berbasis moderasi beragama di Smp Negeri 1 Kelapa. Sumber data pada penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru pai,dan siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara semi terstruktur , observasi, dan dokumentasi sedangkan metode analisis data menggunakan reduksi data,penyajian data,verifikasi.

Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya menciptakan lingkungan pendidikan berbasis moderasi beragama di Smp Negeri 1 Kelapa sangat penting dilakukan di lingkungan sekolah ada beberapa kegiatan yang dilakukan di Smp Negeri 1 Kelapa untuk menciptakan lingkungan yang moderat yaitu kegiatan di dalam kelas kegiatan literasi qur’an sedangkan untuk nonis di anjurkan untuk beribadah sesuai ajaran masing-masing. Adapaun kegiatan diluar kelas yaitu kegiatan rohis, shalat dzuhur berjamaah,dan peringatan hari besar islam. Faktor pendukung dan penghambat dalam upaya menciptakan lingkungan pendidikan berbasis moderasi beragama di Smp Negeri 1 Kelapa, adapun faktor pendukung yaitu komitmen dari pimpinan sekolah, keterlibatan komunitas keagamaan, pelatiahan tenaga pendidik, sarana dan prasarana, kerja sama antar pendidik sedangkan faktor penghambat yaitu kurangnya kesadaran individu, pengaruh perkembangan teknologi, terbatasnya sumber daya, pengaruh lingkungan sosial, kurangnya pemahaman moderasi beragama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: lingkungan pendidikan; moderasi beragama
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Darma Darma
Date Deposited: 14 Oct 2025 02:10
Last Modified: 14 Oct 2025 02:19
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/4007

Actions (login required)

View Item
View Item