Awaliyah, Nendah Fauziah (2022) Model pembelajaran berbasis alam dalam kegiatan greenlab untuk mengembangkan karakter tanggung jawab anak usia 4-6 tahun di TK Alam Bangka Belitung. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_1812035.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (1MB)
BAB 1_1812035.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (594kB) | Request a copy
BAB 2_1812035.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (398kB) | Request a copy
BAB 3_1812035.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (332kB) | Request a copy
BAB 4_1812035.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (906kB) | Request a copy
BAB 5_1812035.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (189kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_1812035.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (234kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA :
Skripsi ini difokuskan pada model pembelajaran berbasis alam dalam kegiatan greenlab untuk mengembangkan karakter tanggung jawab anak usia 4-6 tahun di TK Alam Bangka Belitung yang mana karakter tanggung jawab anak masih ada yang belum berkembang, dalam kehidupan sehar-hari pendidikan karakter tanggung jawab pada anak usia dini sangat penting dan sangat dibutuhkan untuk menjadi bekal anak dimasa yang akan datang, jika tidak bisa bertanggung jawab untuk orang lain setidaknya bertanggung jawab atas dirinya sendiri.
Jenis penelitian ini jika dilihat dari tempat penelitian dikategorikan sebagai penelitian lapangan sedangkan metode penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian ada 17 orang anak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Pelaksanaan kegiatan greenlabdi TK Alam Bangka Belitung terdapat tiga tahapan yaitu tahap awal, tahap kegiatan inti, dan tahap penutup. Pendekatan yang digunakan yaitupedosentris dan berpusat pada siswa, serta merupakan kegiatan konkrit yang lebih mengedepankan proses dibanding hasil. Strategi yang digunakan yaitu gruops-individual learning. Metode yang digunakan adalah metode proyek sederhana dan metode tanya jawab. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan greenlab berhasil dilakuan berdasarkan hasil pencapaian perkembangan karakter tanggung jawab anak. Dari ketujuh indikator, 11,76% mulai berkembang (MB), 70,59% berkembang sesuai harapan (BSH) dan 17,64% berkembang sangat baik (BSB). Jadi bisa dilihat bahwasanya anak yang berkembang sesuai harapan lebih besar dari pada anak yang mulai berkembang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Berbasis Alam; Kegiatan Greenlab; Karakter Tanggung Jawab |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan 500 – Ilmu Pengetahuan > 580 Tanaman > 580 Tumbuh-tumbuhan, tanaman, botani, flora |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Nendah Fauziah Awaliyah |
Date Deposited: | 11 May 2023 01:30 |
Last Modified: | 11 May 2023 01:30 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/400 |