Uljannah, Nida' (2025) Upaya guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai moral pada peserta didik di SMK Negeri 1 Bakam Kabupaten Bangka. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Adburrahman Siddik.
Halaman Awal Nida' Uljannah_organized.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_2111183.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (313kB) | Request a copy
BAB II_2111183.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (373kB) | Request a copy
BAB III_2111183.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (314kB) | Request a copy
BAB IV_2111183.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (513kB) | Request a copy
BAB V_2111183.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (154kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2111183.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (179kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini berjudul ”Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai Moral Pada Peserta Didik Di SMK Negeri 1 Bakam Kabupaten Bangka”. Penanaman nilai moral kepada peserta didik merupakan aspek penting dalam membentuk karakter generasi muda. Namun kenyataannya masih terdapat peserta didik yang belum sepenuhnya menunjukkan nilai moral seperti rendahnya sikap hormat terhadap guru, minimnya kejujuran yang mengakibatkan kebiasaan mencontek, kurang patuh dan disiplin, telat datang sekolah serta tidak mengikuti sholat zuhur berjamaah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya
yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai moral pada peserta didik kelas X di SMK Negeri 1 Bakam, serta mengidentifikasi hambatan yang dihadapi dalam proses tersebut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif
dan pendekatan fenomenologis. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan subjek penelitian terdiri dari guru Pendidikan Agama Islam dan peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru upaya PAI menanamkan nilai
moral melalui tiga langkah utama, yaitu integrasi nilai moral dalam pembelajaran, pembiasaan melalui budaya sekolah, dan keteladanan. Hambatan yang dihadapi meliputi pengaruh lingkungan, rendahnya kesadaran siswa, serta keterbatasan fasilitas. Secara keseluruhan, upaya ini sudah cukup baik, namun masih memerlukan konsistensi, kerja sama semua pihak, serta dukungan lingkungan dan sarana yang memadai.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | upaya; guru pendidikan agama islam; nilai moral |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Nida 'Uljannah |
| Date Deposited: | 13 Oct 2025 04:31 |
| Last Modified: | 13 Oct 2025 04:31 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3962 |
