Selvia, Devi (2025) Strategi guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan karakter disiplin terhadap peserta didik kelas VII di SMP Negeri 5 Mendo Barat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_ 2111162.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (970kB)
BAB I_2111162.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (343kB) | Request a copy
BAB II_2111162.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (381kB) | Request a copy
BAB III_2111162.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Download (268kB) | Request a copy
BAB IV_2111162.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (663kB) | Request a copy
BAB V_2111162.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (151kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2111162.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (202kB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini berjudul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Karakter Disiplin terhadap Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 5 Mendo Barat”. Karakter disiplin merupakan bagian penting dalam proses pendidikan. Namun, dalam kenyataannya masih terdapat peserta didik yang belum sepenuhnya menunjukkan sikap disiplin, seperti datang terlambat, tidak mengikuti atau tidak tepat waktu dalam melaksnakaan salat Zuhur berjamaah, berada di luar kelas selama jam pelajaran tanpa alasan yang jelas, serta tidak mengumpulkan tugas tepat waktu. Kondisi ini menunjukkan perlunya peran aktif guru PAI dalam membina karakter disiplin melalui strategi yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam membina karakter disiplin peserta didik kelas VII di SMP Negeri 5 Mendo Barat.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yang melibatakan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru Pendidikan Agama Islam memiliki peran penting dalam membina karakter disiplin peserta didik. Keteladanan, pengarahan dan nasihat, pembiasaan, serta pemberian sanksi mendidik mampu mendorong peserta didik untuk bersikap disiplin dalam kehidupan sehari-hari. Faktor pendukung pembinaan karakter disiplin meliputi kesadaran diri, lingkungan keluarga, dan kegiatan ekstrakurikuler. Adapun faktor penghambatnya berasal dari rendahnya kesadaran diri, kurangnya dukungan keluarga, serta pengaruh dari teman sebaya. Kesadaran diri dan lingkungan keluarga dapat menjadi pendorong sekaligus penghambat, tergantung pada tingkat motivasi dan dukungan yang diberikan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi guru PAI memberikan kontribusi nyata dalam pembinaan karakter disiplin peserta didik di sekolah.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | strategi; guru pendidikan agama Islam; karakter disiplin |
| Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam > 297.5 Etika Islam; Praktik Keagamaan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Devi Selvia |
| Date Deposited: | 13 Oct 2025 04:14 |
| Last Modified: | 13 Oct 2025 04:14 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3961 |
