Santiya, Santiya (2025) Implementasi konseling individu melalui teknik punishment dalam mengurangi perilaku merokok siswa di SMA Negeri 1 Simpang Rimba Kabupaten Bangka Selatan. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2121058.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_2121058.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (446kB) | Request a copy
BAB II_2121058.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (654kB) | Request a copy
BAB III_2121058.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (448kB) | Request a copy
BAB IV_2121058.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (727kB) | Request a copy
BAB V_2121058.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (269kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2121058.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (403kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi layanan konseling individu dengan teknik punishment dalam mengurangi perilaku merokok pada siswa serta dampak yang ditimbulkan setelah dilaksanakannya layanan tersebut. Latar belakang penelitian ini dilandasi oleh adanya perilaku merokok pada siswa yang mengganggu kedisiplinan dan kesehatan serta bertentangan dengan aturan sekolah. Layanan konseling individu dipilih sebagai pendekatan yang mampu menangani masalah siswa secara personal, sedangkan teknik punishment digunakan sebagai bentuk konsekuensi untuk memunculkan efek jera yang edukatif.
Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah guru Bimbingan dan Konseling serta beberapa siswa yang memiliki kebiasaan merokok. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga menggunakan teori Operant Conditioning dari B.F. Skinner serta pendekatan Transtheoretical Model of Change dalam menganalisis perubahan perilaku siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi konseling individu dengan teknik punishment dilakukan secara bertahap melalui tahap awal, inti, penutup, dan tindak lanjut. Teknik punishment yang digunakan bersifat edukatif seperti pemberian tugas, teguran, dan pembatasan fasilitas, yang tetap memperhatikan nilai-nilai kemanusiaan. Dampak layanan ini bervariasi; beberapa siswa menunjukkan penurunan frekuensi merokok dan peningkatan kesadaran diri, sementara yang lain masih berada pada tahap resistensi perubahan. Konseling individu dengan teknik punishment terbukti memberikan kontribusi dalam mendorong perubahan perilaku merokok siswa, meskipun efektivitasnya sangat dipengaruhi oleh faktor internal dan lingkungan siswa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | konseling individu; teknik punishment; perilaku merokok |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid |
| Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan dan Konseling Islam > Tugas Akhir |
| Depositing User: | Santiya Santiya |
| Date Deposited: | 10 Oct 2025 02:26 |
| Last Modified: | 10 Oct 2025 02:26 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3951 |
