Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Penggunaan animasi pada materi kisah-kisah nabi di kelas III SD Negeri 10 Sungailiat Kabupaten Bangka

Pusvita, Azelia (2023) Penggunaan animasi pada materi kisah-kisah nabi di kelas III SD Negeri 10 Sungailiat Kabupaten Bangka. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of HALAMAN AWAL_1711023.pdf] Text
HALAMAN AWAL_1711023.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I _1711023.pdf] Text
BAB I _1711023.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (316kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_1711023.pdf] Text
BAB II_1711023.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (699kB) | Request a copy
[thumbnail of BAlB III_1711023.pdf] Text
BAlB III_1711023.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (297kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_1711023.pdf] Text
BAB IV_1711023.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (477kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_1711023.pdf] Text
BAB V_1711023.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (90kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_1711023.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_1711023.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (277kB) | Request a copy

Abstract

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), pendidik dituntut untuk selalu kreatif serta berinovasi dalam mengelola pembelajaran. Dengan penerapan media pembelajaran dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan kualitas belajar peserta didik. Animasi salah satu media yang sangat tepat jika digunakan dalam pembelajaran terutama pada materi kisah-kisah nabi. Yang menjadi permasalahan didalam penelitian ini yaitu kurangnya kemampuan pendidik terutama guru PAI dalam mengelola pembelajaran yang menarik dan efektif sehingga peserta didik lambat dalam memahami pelajaran serta motivasi dalam mengikuti pembelajaran sangat minim. Sehingga dari permasalahan ini peneliti ingin mengetahui proses penggunaan animasi pada materi kisah-kisah nabi pada peserta didik kelas III.
Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Yang mana peneliti melihat fenomena-fenomena yang terjadi di lapangan secara langsung dengan mengamati secara mendalam. Pengumpulan data utamanya dilakukan melalui proses observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, kemudian data tersebut dianalisis, kemudian peneliti menarik kesimpulan dengan merangkum semua hasil wawancara serta observasi dengan informan dan observan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penggunaan animasi pada materi kisah-kisah nabi di kelas III SD N 10 Sungailiat diketahui dari proses pembelajaran yang dilakukan guru PAI, dapat dilihat dari langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan yaitu tahap perencanaan/persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap penutup. Berdasarkan hasil data, dapat disimpulkan bahwa penggunaan animasi pada materi kisah-kisah nabi sangat mengefektifkan proses pembelajaran baik di dalam maupun di luar kelas, serta mampu menciptakan feedback yang baik melalui manfaat dari kegunaan animasi tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: penggunaan; animasi; kisah-kisah nabi
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: azelia pusvita
Date Deposited: 12 Jun 2023 07:37
Last Modified: 12 Jun 2023 07:37
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/393

Actions (login required)

View Item
View Item