Jumanda, Ahmad (2025) Penerapan metode A-Ba-Ta-Tsa untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an peserta didik kelas III di SD Islam Smart Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_1811006.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (825kB)
BAB I_1811006.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (644kB) | Request a copy
BAB II_1811006.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (590kB) | Request a copy
BAB III_1811006.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (440kB) | Request a copy
BAB IV_1811006.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (540kB) | Request a copy
BAB V_1811006.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (310kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_1811006.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (424kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode A-Ba-Ta-Tsa dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik kelas III di SD Islam SMART Pangkalpinang serta untuk mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam penerapannya. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada masih ditemukannya peserta didik yang belum lancar membaca Al-Qur’an, baik dari aspek pengenalan huruf hijaiyah, penyusunan suku kata, maupun kelancaran dalam membaca ayat-ayat pendek.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, yang melibatkan pendidik Al-Qur’an, Wakil Kepala Sekolah Bagian Keislaman dan kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode A-Ba-Ta-Tsa dilakukan melalui tahapan halaqah kecil, pengenalan huruf dan makhraj, pelatihan suku kata, serta latihan membaca ayat-ayat pendek. Media yang digunakan antara lain buku A-Ba-Ta-Tsa Jilid 1 dan 2, flashcard, LKS, dan alat bantu visual serta audio.
Faktor pendukung keberhasilan metode ini meliputi motivasi belajar peserta didik, kompetensi pendidik, dukungan sekolah, dan keterlibatan orang tua. Sedangkan hambatan yang dihadapi berasal dari variasi kemampuan siswa, keterbatasan waktu belajar, kurangnya kebiasaan membaca Al-Qur’an di rumah, serta gangguan fokus belajar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode A-Ba-Ta-Tsa efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik, baik dari aspek teknis maupun motivasional.
Kata kunci: Metode A-Ba-Ta-Tsa, Kemampuan Membaca Al-Qur’an, Pembelajaran Al-Qur’an.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | metode a-ba-ta-tsa; membaca al-qur'an |
| Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Ahmad Jumanda |
| Date Deposited: | 09 Oct 2025 01:24 |
| Last Modified: | 09 Oct 2025 01:24 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3918 |
