Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Pengaruh religiusitas dan promosi terhadap minat menabung di Bank Syariah: Studi kasus Majelis Taklim Muhibbin Burak

Monika, Monika (2025) Pengaruh religiusitas dan promosi terhadap minat menabung di Bank Syariah: Studi kasus Majelis Taklim Muhibbin Burak. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_1831089.pdf] Text
Halaman Awal_1831089.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (969kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I_1831089.pdf] Text
BAB I_1831089.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (162kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_1831089.pdf] Text
BAB II_1831089.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (264kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_1831089.pdf] Text
BAB III_1831089.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (231kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_1831089.pdf] Text
BAB IV_1831089.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (594kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_1831089.pdf] Text
BAB V_1831089.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (33kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_1831089.pdf] Text
Daftar Pustaka_1831089.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (171kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:
Masyarakat masih banyak yang menganggap bahwa menabung di bank syariah dan konvensional sama saja karena masih banyak yang belum memahami bagaimana konsep bank syariah itu sendiri sehingga lebih memilih bank konvensional dibandingkan bank syariah, termasuk anggota Majelis Taklim Muhibbin Burak. Faktor lain yang mempengaruhi minat anggota Majelis Taklim Muhibbin Burak untuk menabung adalah promosi, minimnya gerakan Bersama dalam skala besar untuk mensisialisasikan bank syariah kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas dan promosi terhadap minat menabung anggota Majelis Taklim Muhibbin Burak menabung di bank syariah baik secara parsial maupun secara simultan.

Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah anggota Majelis Taklim Muhibbin Burak yang berjumlah 119 anggota dan dijadikan sampel sebanyak 54 responden. Sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis linear berganda. Kemudian menggunakan pengujian asumsi klasik dan pengujian hipotesis. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan software SPSS versi 26.0.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara religiusitas terhadap minat anggota Majelis Taklim Muhibbin Burak menabung di bank syariah, dengan nilai thitung sebesar 4,553 sedangkan ttabel sebesar 1,67528 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,1. Tidak terdapat pengaruh signifikan antara promosi terhadap minat anggota Majelis Taklim Muhibbin Burak menabung di bank syariah, dengan nilai thitung sebesar 1,209 sedangkan ttabel 1.67528 dengan nilai signifikansi sebesar 0,232 > 0,1. Secara simultan religiusitas dan promosi berpengaruh signifikan terhadap minat anggota Majelis Taklim Muhibbin Burak menabung di bank syariah. Dengan nilai fhitung sebesar 2,41 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,1.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: religiusitas; promosi; minat
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan > Bank/Perbankan
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Monika Monika
Date Deposited: 16 Oct 2025 03:49
Last Modified: 16 Oct 2025 03:53
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3917

Actions (login required)

View Item
View Item