Purnama Yanti, Alfika (2020) Pembelajaran Materi Perilaku Taat dalam buku Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti terhadap kedisiplinan peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Simpang Teritip. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (4MB)
10. BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (720kB)
11. BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
12. BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (827kB)
13. BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (820kB)
14. BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (410kB)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (385kB)
Abstract
INDONESIA:
Disiplin merupakan hal yang sangat penting ditanamkan pada setiap individu, lebih-lebih kepada peserta didik. Namun tidak semua individu memiliki kedisiplinan yang baik, meskipun telah mengetahui betapa pentingnya sikap disiplin dalam kehidupan sehari-hari. Pada salah satu meteri mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, menganjarkan kepada peserta didik untuk berperilaku taat. Meskipun demikian, tidak semua peserta didik yang menerapkan apa yang ada pada materi tersebut sehingga masih saja terjadi peanggaran disiplin
Pada penelitian ini, peneliti fokus kepada penyampaian materi perilaku taat dan implikasinya terhadap kedisiplinan peserta didik di SMA Negeri 1 Simpang Teritip. Materi perilaku taat adalah salah satu materi pelajaran yang mengantarkan peserta didik pada karakter disiplin diantranya; disiplin belajar, disiplin waktu, disiplin, disiplin ibadah aturan dan disiplian sikap. Tentunya dengan mempelajari materi perilaku taat akan tumbuh sikap disiplin peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran perilaku taat terhadap kedisiplinan peserta didik di SMA N 1 Simpang Teritip khususnya kelas Xl. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian yaitu sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer yaitu hasil wawancara kepala sekolah, waka kesiswaan, guru PAI, guru BK, satpam dan beberapa peserta didik, sedangkan data sekunder yaitu arsip data dari pihak sekolah. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini ialah dengan reduksi data, lalu penyajian data, pengambila kesimpulan, dan verifikasi
Hasil penelitian yang telah peneliti lakukan, pertama; proses penyampaian materi yang dilakukan oleh guru Pendididkan Agama Islam. Hasil penelitian menunjukan bahwa Guru Pendidikan Agama Islam SMA N 1 Simpang Teritip belum menggunakan pendekatan saintifik pada setiap materi pelajaran. Kedua; hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik yang telah mempelajari materi perilaku taat belum memiliki sikap disiplin dengan baik. Terutama pada disiplin belajar, disiplin waktu, disiplin aturan dan disiplin ibadah terkecuali disiplin sikap, yang telah menunjukkan hasil cukup baik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | materi perilaku taat; kedisiplinan peserta didik |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.5 Disiplin Sekolah dan Aktivitas yang Berkaitan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Randa Wicaksono |
Date Deposited: | 10 May 2023 05:09 |
Last Modified: | 25 Apr 2024 02:46 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/391 |