Mahendra, Joni (2025) Komunikasi interpersonal guru dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa tunarungu di SLBN Sungailiat Bangka. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2122047.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
BAB I_2122047.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
BAB II_2122047.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
BAB III_2122047 .pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
BAB IV_2122047.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
BAB V_2122047.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2122047.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA :
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses komunikasi interpersonal antara guru dan siswa tunarungu serta faktor-faktor penghambat yang mempengaruhi peningkatan kepercayaan diri siswa di SLBN Sungailiat Kabupaten Bangka. Rumusan masalah utama meliputi bagaimana proses komunikasi yang berlangsung dan faktor apa yang menjadi hambatan dalam proses tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses komunikasi interpersonal yang efektif ditandai dengan pembangunan hubungan yang hangat dan saling percaya melalui tahapan pengenalan, penguatan hubungan, dan keterlibatan emosional (bonding). Strategi ini berhasil meningkatkan kepercayaan diri siswa dan keterlibatan mereka dalam proses belajar serta kehidupan sosial di luar sekolah.
Namun, sejumlah faktor menghambat keberhasilan komunikasi, seperti variasi bahasa isyarat yang digunakan siswa yang beragam dari lingkungan keluarga, kondisi fisik ruang kelas yang tidak mendukung, serta pengalaman emosional negatif siswa akibat perundungan dan penolakan sosial.
Faktor-faktor ini menyebabkan kendala dalam pemahaman dan partisipasi aktif siswa. Secara keseluruhan, penelitian menegaskan perlunya pendekatan empatik dan fasilitas yang memadai untuk memperkuat komunikasi antara guru dan siswa tunarungu demi meningkatkan kepercayaan diri dan keberhasilan akademik mereka.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | komunikasi interpersonal; hambatan komunikasi; tunarungu |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 300 Ilmu sosial 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi |
| Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam > Tugas Akhir |
| Depositing User: | juni mahendra |
| Date Deposited: | 09 Oct 2025 04:35 |
| Last Modified: | 09 Oct 2025 04:35 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3907 |
