Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Mengeksplorasi dampak pembelajaran perpajakan berbasis quizizz-based learning terhadap persepsi mahasiswa akuntansi syariah di IAIN SAS Babel

Rkj, Rani Regita Mutiara (2025) Mengeksplorasi dampak pembelajaran perpajakan berbasis quizizz-based learning terhadap persepsi mahasiswa akuntansi syariah di IAIN SAS Babel. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_2133055.pdf] Text
Halaman Awal_2133055.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I_2133055.pdf] Text
BAB I_2133055.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (183kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_2133055.pdf] Text
BAB II_2133055.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (299kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_2133055.pdf] Text
BAB III_2133055.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (158kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_2133055.pdf] Text
BAB IV_2133055.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (695kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_2133055.pdf] Text
BAB V_2133055.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (15kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_2133055.pdf] Text
Daftar Pustaka_2133055.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (151kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi mahasiswa terhadap penerapan Quizizz dalam pembelajaran perpajakan di Program Studi Akuntansi Syariah IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung. Pembelajaran perpajakan sering kali dianggap kompleks oleh mahasiswa, sehingga diperlukan inovasi dalam metode pembelajaran. Quizizz, sebagai media berbasis teknologi dengan pendekatan gamifikasi, digunakan untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman mahasiswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis data berbantuan perangkat lunak NVivo 12. Data diperoleh dari wawancara dan pengamatan terhadap mahasiswa kelas C Prodi AKS IAIN SAS Babel Angkatan 2021 yang mengikuti perkuliahan perpajakan berbasis Quizizz.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki persepsi yang sangat positif terhadap penggunaan Quizizz, menilai bahwa Quizizz mudah digunakan, menarik, dan bermanfaat dalam meningkatkan minat belajar, memfasilitasi evaluasi diri, serta memperkuat pemahaman konsep. Penerapan Quizizz dapat memberikan dampak konstruktif dan efektif dalam mendukung proses pembelajaran berkelanjutan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Quizizz dapat menjadi salah satu alternatif metode pembelajaran yang inovatif dan efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran perpajakan di Program Studi Akuntansi Syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: persepsi mahasiswa; ouizizz-based learning; perpajakan syariah; akuntansi syariah
Subjects: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 657 Akuntansi
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Akuntansi Syariah > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Rani Regita Mutiara Rkj
Date Deposited: 08 Oct 2025 07:02
Last Modified: 08 Oct 2025 07:03
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3881

Actions (login required)

View Item
View Item