Muyasyaroh, Dewi (2025) Implementasi pembelajaran pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai toleransi di SMP Negeri 3 Pangkalanbaru. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_Dewi Muayasyaroh_organized.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1811050.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (508kB) | Request a copy
BAB II_1811050.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (709kB) | Request a copy
BAB III_1811050.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (476kB) | Request a copy
BAB IV_1811050.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (596kB) | Request a copy
BAB V_1811050.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (330kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_1811050.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (281kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Latar belakang penelitian ini adalah berkaitan denagn siswa SMP Negeri 3 Pangkalanbaru yang beranekaragam baik dari segi agama maupun kemampuan siswa tersebut. Selain itu, tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai toleransi di SMP Negeri 3 Pangkalanbaru, serta untuk menjelaskan kendala apa saja yang di hadapi dalam implementasi pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai toleransi di SMP Negeri 3 Pangkalanbaru.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan penelitian field research (penelitian lapangan). Sedangkan untuk tekni pengumpulan data yaitu dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam analisis data tersebut,yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa untuk implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai toleransi adalah kegiatan keagamaan. Implementasi pembelajaran tersebut menggunakan beberapa upaya dalam pelaksanaannya, diantarannnya memberikan kebebasan serta tdak membeda-bedakan dan menggunakan metode ceramah dan praktik langsung. Hal tersebut diatas memberikan dampak baik bagi SMP Negeri 3 Pangkalanbaru, yaitu terwujudnya sikap saling menghargai. Selain itu segala kegiatan sekolah juga menjadi harmonis (tidak ada konflik) dan penuh akan nilai-nilai toleransi. Faktor yang mendukung dalam implementasi yaitu kurikulum, lingkungan sekolah dan sarana prasarana yang cukup memadai. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu emosional sisa yang belum matang.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | implementasi; pendidikan agama islam; menanamkan nilai toleransi |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Dewi Muyasyaroh |
| Date Deposited: | 07 Oct 2025 09:22 |
| Last Modified: | 07 Oct 2025 09:22 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3871 |
