Aprilian, Gianti (2025) Implementasi kurikulum studi Islam di Attarkiah Islamiah Institute Narathiwat Thailand Selatan. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik -.
Halaman awal_2011190.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (2MB)
BAB I_2011190.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (367kB) | Request a copy
BAB II_2011190.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (239kB) | Request a copy
BAB III_2011190.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (186kB) | Request a copy
BAB IV_2011190.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (227kB) | Request a copy
BAB V_2011190.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (111kB) | Request a copy
Daftar pustaka_2011190.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (232kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini membahas implementasi Kurikulum Studi Islam di Attarkiah Islamiah Institute, Narathiwat, Thailand Selatan, yang dirancang untuk membentuk siswa yang beriman, berilmu, dan berakhlak serta mampu menghadapi perkembangan zaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep dan pelaksanaan kurikulum Studi Islam di lembaga tersebut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Fokus penelitian diarahkan pada aspek konseptual dan praktis dari penerapan kurikulum Studi Islam.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep kurikulum Studi Islam di Attarkiah Islamiah Institute mencakup tujuan pembentukan keimanan, pemahaman Islam, dan pengamalan nilai-nilai Islami; komponen kurikulum yang sistematis; serta pengembangan kurikulum yang adaptif terhadap perubahan. Implementasinya melibatkan tiga aspek: (1) Pengembangan program dengan perencanaan kolaboratif antara guru dan pihak sekolah; (2) Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran yang integratif dan berbasis teknologi; (3) evaluasi rutin tahunan
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | kurikulum; studi islam; implementasi; pendidikan islam; thailand selatan |
| Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Gianti Aprilian |
| Date Deposited: | 07 Oct 2025 09:26 |
| Last Modified: | 07 Oct 2025 09:26 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3870 |
