Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Pengaruh game online (garena free fire) terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa kelas VII di SMPN 2 Koba Bangka Tengah

Megawati, Megawati (2025) Pengaruh game online (garena free fire) terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa kelas VII di SMPN 2 Koba Bangka Tengah. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_1911097 .pdf] Text
Halaman Awal_1911097 .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of 1. BAB I_1911097.pdf] Text
1. BAB I_1911097.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (436kB) | Request a copy
[thumbnail of 2. BAB II_1911097.pdf] Text
2. BAB II_1911097.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (568kB) | Request a copy
[thumbnail of 3. BAB III_1911097.pdf] Text
3. BAB III_1911097.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (907kB) | Request a copy
[thumbnail of 4. BAB IV_1911097.pdf] Text
4. BAB IV_1911097.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (717kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB V_1911097.pdf] Text
5. BAB V_1911097.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (515kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSAKA_1911097.pdf] Text
DAFTAR PUSAKA_1911097.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (390kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:
Semakin pesatnya kemajuan pada era teknologi yang serba digital saat ini, kita tidak akan asing lagi ketika mendengar kata game online. Game online yang popular dimainkan oleh kalangan remaja dan peserta didik tentu akan berdampak pada prestasi belajar siswa. Penulis merasa tertarik untuk melakukan penelitian pada peserta didik yang bermain game online untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang diakibatkan oleh penggunaan game online terhadap prestadi belajar pendidikan agama islam kelas VII di SMP Negeri 2 Koba.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dalam bentuk analisis deskriptif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode angket skala likert dan tes soal, sedangkan teknik pengelolahan datanya menggunakan bantuan SPSS versi 22.0 dengan menggunakan rumus persamaan regresi linier sederhana. Setelah dilakukan penelitian,didapatkan sebuah kesimpulan bahwa skor rata-rata pengaruh game online (X) adalah tinggi, yaitu 55,04. Sedangkan rata-rata nilai uji tes soal (Y) rendah, yaitu 45,46. Dari hasil pengolahan SPSS didapat nilai t_(hitung )>t_tabel (2,847 > 1,675) dan nilai sig < 0,05 (0,006 < 0,05) serta besaran presentase pengaruh game online terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Koba yaitu 13%, sedangkan sisanya sebesar 87% dipengaruhi oleh factor-faktor lainnya. Dengan demikian dinyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan Pengaruh game online terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam siswa kelas VII di SMP Negeri 2 koba.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: game online; prestasi belajar pendidikan agama Islam
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 370.7 Pendidikan Ilmu Kependidikan, Riset Penelitian Ilmu Pendidikan, Riset Penelitian Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: mega wati
Date Deposited: 07 Oct 2025 07:50
Last Modified: 07 Oct 2025 07:50
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3861

Actions (login required)

View Item
View Item