Marnila, Marnila (2024) Efektivitas bimbingan kelompok menggunakan teknik Mindfulness Based Counseling untuk mengatasi Nomophobia peserta didik SMP Negeri 2 Jebus Bangka Barat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2115040.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (702kB)
BAB I_2115040.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (348kB) | Request a copy
BAB II_2115040.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (505kB) | Request a copy
BAB III_2115040.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (581kB) | Request a copy
BAB IV_2115040.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (453kB) | Request a copy
BAB V_2115040.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (140kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_2115040.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (181kB)
Abstract
INDONESIA:
Nomophobia, yang didefinisikan sebagai ketakutan atau kecemasan berlebihan saat seseorang tidak dapat mengakses atau menggunakan smartphone, telah menjadi perhatian serius di kalangan remaja dan siswa, berdampak negatif pada kesehatan mental, kualitas belajar, hubungan sosial, dan regulasi emosi.
Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pre-test dan post-test yang melibatkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII yang memenuhi kriteria tertentu sesuai dengan penelitian. Sampel diambil dari populasi tersebut menggunakan teknik sampling tertentu, dengan jumlah sampel yang representatif untuk masing-masing kelompok eksperimen dan kontrol. Teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis statistik deskriptif untuk menggambarkan karakteristik data, serta analisis inferensial seperti uji-t (t-test) untuk membandingkan perbedaan rata-rata antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada pre-test dan post-test.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berhasil mengurangi tingkat smartphone di kalangan siswa serta meningkatkan kesadaran diri dan pengelola emosi. Untuk mengatasi masalah ini peneliti merekomendasikan beberapa strategi seperti penguatan antara sekolah dan orang tua. Kolaborasi ini penting untuk mendukung peserta didik dalam mengelola smartphone.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | bimbingan Kelompok; mindfulness based counseling; nomophobia |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.9 Pendidikan Khusus, Pendidikan Luar Biasa, Pendidikan Inklusif, Pendidikan Inklusi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Marnila Marnila |
| Date Deposited: | 07 Oct 2025 07:45 |
| Last Modified: | 07 Oct 2025 07:45 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3860 |
