Dahlia, Dahlia (2025) Implementasi program maghrib mengaji di Desa Jelutung 1 Kecamatan Namang Kabupaten Bangka Tengah dalam Memotivasi Anak-anak. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddikk.
Halaman Awal_2011149.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (772kB)
BAB I_2011149.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (293kB) | Request a copy
BAB II_2011149.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (337kB) | Request a copy
BAB III_2011149.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (190kB) | Request a copy
BAB IV_2011149.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (223kB) | Request a copy
BAB V_2011149.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (115kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2011149.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Implementasi Program Maghrib Mengaji di Desa Jelutung 1 Kecamatan Namang Kabupaten Bangka Tengah dalam Memotivasi Anak-Anak. Melalui Maghrib Mengaji dalam membimbing anak-anak membaca Al-Qur’an dan motivasi yang diberikan kepada anak-anak supaya anak-anak bersemangat ketika dibimbing membaca Al-Qur’an oleh guru mengaji yang dibentuk oleh Pemerintah Desa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program Maghrib Mengaji di Desa Jelutung 1, Mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat, serta menilai sejauh mana program ini memotivasi anak-anak untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Latar belakang penelitian ini adalah menurunnya minat generasi muda dalam membaca Al-Qur’an akibat pengaruh perkembangan tenologi dan perubahan gaya hidup, dan berkurangnya interaksi religius di lingkungan keluarga. Pemerintah desa dan guru mengaji dalam memotivasi anak-anak membaca Al-Qur’an di rumah-rumah guru mengaji dapat meningkatkan minat membaca Al-Qur’an dengan bertujuan untuk membentuk karakter anak-anak sehingga mampu membuat generasi selanjutnya akan lebih baik dalam mengenal Al-Qur’an.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Jumlah informan yang terlibat dalam penelitian ini adalah 10 orang, terdiri dari 1 Kepala Desa, 3 guru mengaji dan 6 anak yang mengaji. Data penelitian dianalisis dengan teknik Miles & Huberman yang terdiri dari 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Setelah dilakukan penelitian, hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program Maghrib Mengaji di Desa Jelutung 1 telah berjalan dengan baik, dengan perencanaan kegiatan yang matang, pelaksanaan rutin setelah shalat Maghrib dan adapun dukungan dari masyarakat.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | implementasi; maghrib; mengaji; motivasi; anak-anak |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 370.6 Organisasi dan Manajemen Pendidikan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Dahlia Dahlia |
| Date Deposited: | 07 Oct 2025 06:07 |
| Last Modified: | 07 Oct 2025 06:07 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3857 |
