Safira, Hana (2025) Penggunaan media permainan tabung angka dalam mengembangkan kemampuan berhitung pada anak usia 5-6 tahun di TK Negeri 2 Simpang Rimba. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_1812023.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (2MB)
BAB I_1812023.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (529kB) | Request a copy
BAB II_1812023.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (549kB) | Request a copy
BAB III_1812023.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (515kB) | Request a copy
BAB IV_1812023.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V_1812023.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (403kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_1812023.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (500kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA
Skripsi ini dilatar belakangi oleh anak-anak yang belum mampu mengenal angka-angka, anak masih belum bisa menyebutkan angka dengan benar dan mengurutkan lambang bilangan. Ketika anak-anak dimintai oleh guru untuk menyebutkan angka secara bersamaan hampir semua anak bisa melakukannya, tetapi, saat satu persatu anak-anak dimintai guru untuk menyebutkan lambang bilangan ternyata masih banyak anak yang belum mampu dan masih bingung dalam mengurutkan lambang bilangan dengan benar.
Jenis penelitian ini jika dilihat dari tempat penelitian dikategorikan sebagai penelitian lapangan (field research) sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah anak usia 5-6 tahun berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan data.
Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana penggunaan media permainan tabung angka dalam mengembangkan kemampuan berhitung pada anak usia 5-6 tahun di TK Negeri 2 Simpang Rimba dan bagaimana hasil penggunaan media permainan tabung angka dalam mengembangkan kemampuan berhitung pada anak usia 5-6 tahun di TK Negeri 2 Simpang Rimba. Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa langkah-langkah penggunaan media permainan tabung angka di TK Negeri 2 Simpang Rimba yaitu: (i) guru menentuka tema pembelajaran, (ii) guru mengatur letak posisi media tabung angka, (iii) guru mengatur letak posisi duduk peserta didik, (iv) guru menerangka kegiatan pembelajaran menggunakan media tabung angka. Dari kelima langkah- langkah tersebut dapat mengembangkan kemampuan berhitung pada anak usia 5-6 tahun.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | media tabung angka; kemampuan berhitung anak |
| Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 155 Psikologi diferensial dan psikologi perkembangan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Hana Safira |
| Date Deposited: | 06 Oct 2025 09:16 |
| Last Modified: | 06 Oct 2025 09:17 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3852 |
