Damayanti, Susi (2025) Pengembangan media rolling ball dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini di kelas B TKIT Adh Dhuha Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_2112007SusiDamayanti_organized.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (3MB)
BAB I_2112007.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
BAB II_2112007.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (6MB) | Request a copy
BAB III_2112007.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
BAB IV_2112007.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (5MB) | Request a copy
BAB V_2112007.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (752kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_2112007.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Rolling Ball sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini di kelas B TKIT Adh Dhuha Pangkalpinang. Latar belakang penelitian ini adalah masih adanya anak-anak yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep dasar berhitung, kurangnya daya konsentrasi, serta keterbatasan media pembelajaran yang menarik dan tahan lama di kelas tersebut.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development untuk pengumpulan data dengan secara langsung dari lapangan. Lokasi penelitian yaitu di TKIT Adh Dhuha Pangkalpinang. Sedangkan metode penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah metode ADDIE (Analysis, design, development, implementation, evaluation) Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu lembar angket kelayakan produk dan lembar observasi perkembangan kognitif pada anak.
Hasil penelitian menunjukkan media Rolling Ball sangat layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran kognitif anak usia dini, dengan validasi ahli media 90,7% dan ahli materi 100%, respon guru 93,3% dan uji coba respon peserta didik tahap 1 72,7%, tahap 2 92,4%. Media ini mampu meningkatkan motivasi, konsentrasi, dan pemahaman konsep kognitif anak secara signifikan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | rolling ball; kognitif |
| Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 100 Filsafat > 100 Filsafat dan psikologi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Susi Damayanti |
| Date Deposited: | 06 Oct 2025 06:24 |
| Last Modified: | 06 Oct 2025 06:24 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3846 |
