julia, julia (2025) Hubungan Antara School Well-Being Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Simpang Teritip. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2124050.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (2MB)
BAB I_2124050.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (258kB) | Request a copy
BAB II_2124050.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (313kB) | Request a copy
BAB III_2124050.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (375kB) | Request a copy
BAB IV_2124050.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (392kB) | Request a copy
BAB IV_2124050.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (392kB) | Request a copy
BAB V_PENUTUP.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (185kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_2124050.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (166kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Pentingnya kesejahteraan siswa di sekolah atau school well-being dalam mendukung keberhasilan belajar siswa. School well-being mencangkup berbagai aspek seperti, rasa nyaman berada di dalam lingkungan sekolah, dukungan emosional, hubungan sosial yang baik, serta perasaan dihargai oleh lingkungan sekolah. Kesejahteraan siswa di sekolah menjadi salah satu konsep penting yang dapat menjelaskan hubungan antara lingkungan sekolah dengan prestasi belajar siswa. School well-being mengacu pada sejauh mana siswa merasa nyaman, terlibat, dan dihargai di lingkungan sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis hubungan antara school well-being dengan prestasi belajar pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Simpang Teritip. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kuantitatif korelasional. Pengambilan sampel menggunakan teknik sample random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 90 siswa. Proses pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan kuesioner school well-being, dan nilai raport untuk mengukur prestasi belajar siswa kelas XII SMAN 1 Simpang teritip. Metode pengolahan data dengan menggunakan rumus pearson product moment.
Berdasarkan hasil penelitian, maka terdapat hubungan yang signifikan antara school well-being dengan prestasi belajar siswa kelas XII SMAN 1 Simpang Teritip, di mana nilai hubungan school well-being terhadap prestasi belajar siswa didapatkan nilai r hitung sebesar 0,972. Nilai tersebut berada oada rentang antara 0,800 – 1,00 yang artinya memiliki korelasi yang sangat kuat.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | school well-being; prestasi belajar;siswa |
| Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 150 Psikologi (ilmu jiwa) |
| Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Psikologi Islam > Tugas Akhir |
| Depositing User: | Julia Julia |
| Date Deposited: | 03 Oct 2025 08:20 |
| Last Modified: | 03 Oct 2025 08:20 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3838 |
