Cindy, Regina Arma (2025) Implementasi model pembelajaran jigsaw pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas II MTS Plus Bahrul Ulum Sungailiat. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2111055.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (836kB)
BAB I_2111055.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (726kB) | Request a copy
BAB II_2111055.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (750kB) | Request a copy
BAB III_2111055.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Download (706kB) | Request a copy
BAB IV_2111055.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V_2111055.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Download (389kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2111055.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Download (443kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Guru memiliki peran penting dalam menciptakan suasana belajar yang efektif. Guru yang kreatif dan inovatif dapat meningkatkan motivasi siswa dengan menggunakan metode pembelajaran yang tepat. Untuk meningkatkan minat, semangat, serta motivasi belajar, guru dapat mengimplementasikan model pembelajaran seperti Jigsaw yang dapat membuat siswa lebih aktif dan bersemangat dalam belajar.
Tujuan penelitian ini ialah: 1) Mengetahui implementasi Model Jigsaw pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas II MTS Plus Bahrul Ulum Sungailiat. 2) Mengetahui kendala implementasi Model Jigsaw pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas II MTS Plus Bahrul Ulum Sungailiat.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk meningkatkan semangat dan minat belajar siswa dengan model Jigsaw pada materi Akidah Akhlak kelas II MTS Plus Bahrul Ulum Sungailiat. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model Jigsaw efektif meningkatkan kualitas pembelajaran Akidah Akhlak dengan hasil positif pada semangat, minat, motivasi, dan hasil belajar melalui enam tahap dengan baik dan sesuai pada prosedur yang semestinya.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Keywords: | implementasi; model jigsaw; akidah akhlak |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Regina Cindy |
| Date Deposited: | 01 Oct 2025 09:03 |
| Last Modified: | 01 Oct 2025 09:03 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3823 |
