Dewi, Ratna (2025) Analisis butir soal pendidikan agama Islam dan budi pekerti tingkatan Sekolah Dasar Negeri 5 Airgegas. Undergraduate thesis, : Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
halaman awal_1811162.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1811162.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (546kB) | Request a copy
BAB II_1811162.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (617kB) | Request a copy
BAB III_1811162.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (417kB) | Request a copy
BAB IV_1811162.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (888kB) | Request a copy
BAB V_1811162.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (188kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_1811162.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (404kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Perangkat tes yang berkualitas mampu memberikan informasi yang tepat terkait hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas butir soal pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti tingkat sekolah dasar di SDN 5 Airgegas tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 40 butir soal berdasarkan pendekatan teori tes klasik.
Penelitian ini merupakan penelitian desktriptif kuantitatif. Sumber data penelitian berupa lembar jawaban siswa sebanyak 47 orang siswa. Butir soal dianalisis berdasarkan teori tes klasik dengan outup hasil daya pembeda, tingkat kesukaran dan distraktor. Adapun koefesien Alpha Cronbach sebesar 0.828. analisis butir soal pendidikan pada penelitian ini dianalisis dengan bantuan aplikasi Excel.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) sebanyak 9 butir soal atau 22,5% dari total soal yang diujian memiliki tingkat kesukaran mudah yaitu pada butir 9, 10, 19, 22, 23, 24, 27, 28, dan 39. 22 butir soal atau 55% soal memiliki tingkat kesukaran sedang yaitu butir soal 6, 7, 8, 11, 12, 14, 15, 16, 17, 18, 25, 29,30, 31, 32, 33, 34, 35, 36, 37, 38 dan 40. Adapun 9 butir soal atau 22,5% soal memiliki tingkat kesukaran sulit yaitu berada pada butir 1, 2, 3, 4, 5, 13, 20, 21 dan 26. (2) Berdasarkan daya pembeda sebanyak 13 butir soal atau 32% butir soal memiliki daya pembeda yang sangat baik yaitu butir 4, 6, 10, 12, 19, 22, 23, 75, 31, 32, 33, 34, 35, 36, dan 38. Kemudian sebanyak 11 butir soal atau27% soal memiliki daya pembeda yang cukup baik yaitu butir 7, 9, 14, 17, 24, 27, 28, 37, 39, 13 40. Selain itu terdapat 5 butir soal atau 13% soal memiliki daya pembeda yag kurang sehingga dikatagorikan revisi yaitu butir 2, 15, 16, 29, dan 30. Adapun sebanyak 11 butir atau 28% soal perlu dikaji kembali dimana memili daya pembeda yang buruk atau dikatagorikan eliminasi, butir-butir tersebut diantaranya butir 1, 3, 5, 8, 11, 13, 18, 20, 21, 25 dan26. (3) hasil analisis distraktor sebanyak 23% butir soal perlu dikaji kembali yaitu butir 6,10,21,22,27,28,30,34,dan 39.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | analisis butir soal; tingkat kesukaran; daya pembeda; distraktor |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Ratna Dewi |
| Date Deposited: | 01 Oct 2025 06:43 |
| Last Modified: | 01 Oct 2025 06:43 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3821 |
