Aulia, Vina (2025) Faktor yang mempengaruhi minat masyarakat Desa Payabenua menabung di Bank Syariah. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_ 2131027.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (2MB)
BAB I_ 2131027.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
BAB II _2131027.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (5MB) | Request a copy
BAB III_2131027.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
BAB IV_2131027.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (5MB) | Request a copy
BAB V_2131027.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (299kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2131027.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Berdasarkan perkembangan zaman, masyarakat sudah mulai menyimpan uangnya di bank. Hal ini tentunya beralasan pada keamanan, namun dalam kehidupan sehari-hari minat menabung masyarakat di bank syariah masih kurang hal ini disebabkan oleh berapa faktor seperti persepsi, lokasi, promosi, dan minat menabung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi, lokasi, promosi, dan minat menabung masyarakat Desa Payabenua di bank syariah. Variabel dalam penelitian ini adalah Persepsi (X1), Lokasi (X2), Promosi (X3), dan Minat menabung (Y).
Jenis penelitian yang digunakan adalan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer melalui penyebaran kuesioner kepada masyarakat Desa Payabenua sebanyak 365 masyarakat. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode probability sampling dengan teknik sampel random sampling dan memperoleh sampel sebanyak 365 dengan pengukuran skala likert. Data diperoleh dengan melalui program SPSS versi 26.0 dengan teknik analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Pengaruh persepsi secara parsial berpengaruh terhadap minat menabung dengan nilai thitung (7,091) > ttabel (1,649) atau nilai sinifikansi sebesar 0,000 < 0,05. 2) Pengaruh lokasi secara parsial berpengaruh terhadap minat menabung dengan nilai thitung (5,349) > ttabel (1,649) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. 3) Pengaruh promosi secara parsial berpengaruh terhadap minat menabung dengan nilai thitung (3,806) > ttabel (1,649) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. 4) Pengaruh Persepsi, Lokasi dan Promosi secara simultan berpengaruh terhadap Minat Menabung dengan nilai fhitung 118, 720 > ftabel 3,02 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | persepsi; lokasi; promosi |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan > Bank/Perbankan |
| Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | VINA AULIA |
| Date Deposited: | 01 Oct 2025 08:35 |
| Last Modified: | 01 Oct 2025 08:35 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3817 |
