Rahmawati, Elly (2025) Upaya guru PAI dalam meningkatkan karakter religius dan kesantunan berbahasa pada siswa di SMP Negeri 2 Simpang Teritip. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2011212.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (2MB)
BAB I_2011212.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (305kB) | Request a copy
BAB II_2011212.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (335kB) | Request a copy
BAB III_2011212.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (269kB) | Request a copy
BAB IV_2011212.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V_2011212.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (257kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2011212.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (214kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA
Permasalahan dalam penelitian ini masih terdapat sebagian siswa yang tidak melaksanakan shalat dzuhur disekolah. Selain itu masih ditemukan siswa yang berbicara kurang sopan. Tujuan dari penelitian ini mengetahui upaya yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan karakter religius dan kesantunan berbahasa serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam meningkatkan karakter religius dan kesantunan berbahasa pada siswa di SMP Negeri 2 Simpang Teritip.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif bersifat deskriptif. Sumber data penelitian diperoleh dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan yang didasarkan pada fakta lapangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru PAI di SMP Negeri 2 Simpang Teritip dalam meningkatkan karakter religius mengadakan tadarusan selama 40 menit, mengerjakan shalat dhuha dan shalat dzuhur di sekolah. Adapun upaya dalam meningkatkan kesantunan berbahasa dengan memberikan tayangan video yang berhubungan dengan akhlak yang baik. Faktor pendukung karakter religius yaitu adanya dukungan orang tua, fasilitas yang memadai, kekompakan guru dan adanya kegiatan ekstrakurikuler iman dan taqwa (imtaq). Selain itu faktor penghambat karakter religius adalah latar belakang siswa yang berbeda-beda, pengaruh lingkungan dan kurangnya kesadaran siswa. Faktor pendukung kesantunan berbahasa yaitu adanya kegiatan literasi berbahasa Indonesia yang disebut dengan sahabat perpustakaan. Selain itu faktor penghambat kesantunan berbahasa adalah pengaruh lingkungan, sebagian siswa menggunakan bahasa yang kurang sopan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | tujuan instruksional; materi pelajaran; metode pembelajaran; interaksi edukatif guru dengan siswa |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Elly Rahmawati |
| Date Deposited: | 30 Sep 2025 07:33 |
| Last Modified: | 30 Sep 2025 07:33 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3811 |
