Hasanah, Baiatul (2025) Analisis pembelajaran materi akidah akhlak menggunakan media quizizz untuk meningkatkan prestasi belajar siswa MA Nurul Ihsan Baturusa Bangka. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2111022.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I _2111022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (553kB) | Request a copy
BAB II _2111022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (706kB) | Request a copy
BAB III_2111022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (430kB) | Request a copy
BAB IV_2111022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V_2111022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (242kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2111022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (440kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Aplikasi quizizz merupakan media pembelajaran online yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan semangat dan memberikan motivasi serta hasil dari proses belajar siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa kesulitan dalam memahami materi pembelajaran, serta suasana belajar yang membosankan. Hal ini dapat dilihat dari rendahnya hasil belajar siswa, kurang interaksi dan antusias ketika mengikuti pembelajaran. Salah satu upaya yang dilakukan untuk memperbaikinya ialah guru menggunakan media quizizz pada pembelajaran akidah akhlak di MA Nurul Ihsan Baturusa. Adapun tujuan dari penelitian ini menelaah sebagai berikut: Untuk mengetahui bagaimana pembelajaran Akidah Akhlak menggunakan media Quizizz untuk meningkatkan prestasi belajar siswa MA Nurul Ihsan Baturusa, Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan media Quizizz pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MA Nurul Ihsan Baturusa
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode field research yang sumber datanya didapatkan langsung dari pengamatan di lapangan. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data Miles and Huberman yang meliputi kegiatan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.
Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat diketahui ketika menggunakan media quizizz pada pembelajaran akidah akhlak di MA Nurul Ihsan Baturusa ada 3 aspek prestasi belajar, yaitu aspek kognitif (pemahaman, analisis, dan evaluasi), aspek afektif (menerima, merespon, dan menghargai), dan aspek psikomotorik (penilaian tingkah laku siswa selama proses pembelajaran menggunakan quizizz, dan penilaian guru setelah pembelajaran menggunakan quizizz). Ketika menggunakan media quizizz pada pembelajaran akidah akhlak hasil belajar siswa memperoleh nilai rata-rata 78,06. Sebanyak 75% siswa yang tuntas KKM (nilai 75), sedangkan 25% lagi belum tuntas KKM. Tingkat pemahaman siswa mengalami peningkatan 30% dari pada pembelajaran menggunakan media konvensional yang memperoleh nilai rata-rata 62,13. Ada 45% siswa yang tuntas KKM dan 55% lagi belum tuntas KKM. Ada faktor pendukungnya seperti ketersediaan handphone, laptob, serta ketersediaan fasilitas internet. Sedangkan faktor penghambatnya adalah gangguan jaringan internet, kurangnya kemampuan siswa mengoperasikan quizizz, dan keterbatasan fasilitas handphone dan laptob.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | media quizizz; prestasi belajar |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Baiatul Hasanah |
| Date Deposited: | 30 Sep 2025 09:01 |
| Last Modified: | 30 Sep 2025 09:01 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3806 |
